Mobil Jarang Digunakan, Jangan Abaikan Perawatan

Kompas.com - 11/03/2021, 10:42 WIB
Upaya rekor penggantian aki terbanyak oleh Shop&Drive di Hari Kartini Astra OtopartUpaya rekor penggantian aki terbanyak oleh Shop&Drive di Hari Kartini

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia masih menerapkan Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah maraknya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Intensitas penggunaan kendaraan pun cenderung menurun. Namun, hal ini bukan alasan untuk tidak merawat kendaraan Anda.

Kendaraan yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bukan berarti dalam keadaan yang baik-baik saja dan terbebas dari perawatan.

Akan tetapi, kondisi tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi kendaraan karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Baca juga: Begini Cara Gampang Hindari Karat di Kolong Mobil

Menurut Retail Marketing & Business Development Dept. Head Astra Otoparts, Lie Se Chiang, kendaraan yang jarang digunakan dapat menyebabkan daya aki tidak terisi optimal, lama kelamaan daya aki habis atau drop sehingga mesin mobil tidak bisa starter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, tekanan angin pada ban dapat berkurang dan menimbulkan flat spot akibat jarang dipakai

“Mesin yang tidak beroperasi juga membuat oli tidak dapat bersikulasi untuk melumasi komponen-komponen dalam mesin kendaraan dan dapat membuat oli mengental,” ujar Lie Se Chiang, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (10/3/2021).

Cek mobil gratis di Shop&DriveStanly/Otomania Cek mobil gratis di Shop&Drive

Shop and Drive sebagai salah satu bengkel yang berfokus pada fast moving parts, quick service, dan related service bisa menjadi alternatif untuk merawat mobil konsumen agar tetap memiliki perfoma yang baik saat digunakan.

Dalam rangka Hari Isra Mi’raj dan Hari Raya Nyepi, Shop and Drive juga memberikan promo spesial untuk beberapa produk yang bisa dinikmati oleh konsumen otomitif.

Baca juga: Yamaha Jupiter MX Mini Chopper, Tahan Dipakai Ugal-ugalan

Promo Aki periode 13- 14 Maret dengan tukar tambah hingga Rp 150.000 plus extra Rp 50.000 untuk aki GS Astra tipe Maintenance Free, Hybrid, dan Calcium. Untuk oli dengan periode 11 - 14 Maret. Ada juga promo Shock Absorber, Ban, dan Brake hingga 50 persen. dengan periode 11-14 Maret.

Shop and Drive juga menyediakan layanan Fogging disinfektan yang dapat membunuh bakteri dan virus hingga 99 persen, mengurangi bau tidak sedap pada mobil. Bagi konsumen yang menggunakan jasa ini juga akan mendapat diskon sebesar 20 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.