Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Jarang Digunakan, Jangan Abaikan Perawatan

Kompas.com - 11/03/2021, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia masih menerapkan Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah maraknya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Intensitas penggunaan kendaraan pun cenderung menurun. Namun, hal ini bukan alasan untuk tidak merawat kendaraan Anda.

Kendaraan yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bukan berarti dalam keadaan yang baik-baik saja dan terbebas dari perawatan.

Akan tetapi, kondisi tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi kendaraan karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Baca juga: Begini Cara Gampang Hindari Karat di Kolong Mobil

Menurut Retail Marketing & Business Development Dept. Head Astra Otoparts, Lie Se Chiang, kendaraan yang jarang digunakan dapat menyebabkan daya aki tidak terisi optimal, lama kelamaan daya aki habis atau drop sehingga mesin mobil tidak bisa starter.

Selain itu, tekanan angin pada ban dapat berkurang dan menimbulkan flat spot akibat jarang dipakai

“Mesin yang tidak beroperasi juga membuat oli tidak dapat bersikulasi untuk melumasi komponen-komponen dalam mesin kendaraan dan dapat membuat oli mengental,” ujar Lie Se Chiang, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (10/3/2021).

Cek mobil gratis di Shop&DriveStanly/Otomania Cek mobil gratis di Shop&Drive

Shop and Drive sebagai salah satu bengkel yang berfokus pada fast moving parts, quick service, dan related service bisa menjadi alternatif untuk merawat mobil konsumen agar tetap memiliki perfoma yang baik saat digunakan.

Dalam rangka Hari Isra Mi’raj dan Hari Raya Nyepi, Shop and Drive juga memberikan promo spesial untuk beberapa produk yang bisa dinikmati oleh konsumen otomitif.

Baca juga: Yamaha Jupiter MX Mini Chopper, Tahan Dipakai Ugal-ugalan

Promo Aki periode 13- 14 Maret dengan tukar tambah hingga Rp 150.000 plus extra Rp 50.000 untuk aki GS Astra tipe Maintenance Free, Hybrid, dan Calcium. Untuk oli dengan periode 11 - 14 Maret. Ada juga promo Shock Absorber, Ban, dan Brake hingga 50 persen. dengan periode 11-14 Maret.

Shop and Drive juga menyediakan layanan Fogging disinfektan yang dapat membunuh bakteri dan virus hingga 99 persen, mengurangi bau tidak sedap pada mobil. Bagi konsumen yang menggunakan jasa ini juga akan mendapat diskon sebesar 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com