Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Rawat Mobil Eropa yang Enggak Bikin Kantong Jebol

Kompas.com - 10/03/2021, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indoensia, mobil Eropa dikenal sebagai mobil mewah serta membutuhkan biaya yang mahal untuk perawataannya. Hal inilah yang menyebabkan jumlah kendaraan merek Negeri Matahari Terbit mendominasi di Indonesia.

Meski mobil Eropa dikenal sangat nyaman, namun biaya perawatan merupakan salah satu unsur pentin dalam menentukan pilihan calon kendaraan untuk dibeli.

Baca juga: Video Viral Biaya Servis Mercy G-Class Tembus Rp 90 Jutaan, Ganti Kampas Rem Saja Rp 18 Juta

Pemilik bengkel khusus Mercedes-Benz bernama Starpro, Deni Chandra mengatakan, pemilik kendaraan yang memiliki dana terbatas, bisa mengakali dengan berlalih ke bengkel aftermarket untuk servis dan perawatan. 

“Bengkel aftermarket bisa menjadi second option bagi para pemilik mobil Eropa yang ingin merawat kendaraannya, karena harganya bisa lebih murah dibanding diler resmi,” ujar Deni saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Sedan BMW 320i lansiran 2007 yang dijual di diler mobil bekas Auto Ritz, Jalan Tole Iskandar, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Sedan BMW 320i lansiran 2007 yang dijual di diler mobil bekas Auto Ritz, Jalan Tole Iskandar, Depok, Selasa (13/2/2018).

Selain itu, ketika ada komponen yang rusak, bengkel aftermarket bisa mengganti komponen yang rusak saja, tidak harus satu paket. Oleh sebab itu, harganya jauh lebih murah.

Baca juga: Mengupas Fitur Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax

Muhammad Fawzi, salah satu pemilik bengkel khusus Mercedes-Benz Mangaraja menambahkan, untuk mereka yang punya dana pas-pasan, sebaiknya mencari bengkel dengan montir yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya.

“Dengan demikian ketika ada masalah dengan mobil Eropa, kita tidak selalu harus ganti sparepart baru. Karena itu kami berani menjamin di bengkel kami montir kami terpercaya, dan sangat berpengalaman dengan mobil-mobil Eropa,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com