Tinggal Kenangan, Simak Kilas Balik Perjalanan Honda Jazz di Indonesia

Kompas.com - 10/03/2021, 13:01 WIB
Honda Jazz. IstimewaHonda Jazz.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan telah menghentikan produksi salah satu produk hatchback legendarisnya yakni Honda Jazz.

Honda Jazz akan digantikan oleh saudaranya, Honda City Hatchback RS yang meluncur pada Rabu (3/3/2021).

Mobil yang menjadi pesaing utama Toyota Yaris di segmen hatchback itu diketahui sudah mengaspal selama 18 tahun.

Lewat tampilannya yang stylish dan sporty, Honda Jazz berhasil merebut hati pecinta otomotif terutama bagi kalangan muda.

Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.carsguide.com/Honda Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.

Generasi Pertama (2004-2007)

Honda Jazz diketahui baru masuk Indonesia pada tahun 2003. Jazz generasi pertama, yang juga dikenal dengan sebutan GD3 mengusung mesin 1.5 L berkode L15A dengan teknolgi i-DSI (Intelligent Dual and Sequential Ignition).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin tersebut punya tenaga 85,26 Tk pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.

Baca juga: Perbedaan Honda Jazz i-DSI dan VTEC

Namun sayangnya, mesin itu hanya bertahan satu tahun. Honda pun memberi pengembangan mesin pada Jazz generasi pertama, diganti menjadi model VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control).

Mesin mampu menghasilkan tenaga mencapai 110 Tk pada putaran 5.800 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai 143 Nm atau setara dengan putaran mesin 4.800 rpm.

Tipe tertinggi pada generasi pertama Honda Jazz sudah dibekali fitur keamanan lengkap mulai dari VTEC dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.