Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Mazda Jual Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia?

Kompas.com - 10/03/2021, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah merek otomotif telah memulai era elektrifikasi dengan memasarkan mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Walau demikian, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Tanah Air masih menunggu keputusan prinsipal untuk mendatangkan mobil listrik ke Indonesia.

Erik Pascanugraha, GM Operations PT EMI, mengatakan, pihaknya tentu membuka peluang mobil listrik dipasarkan di Indonesia. Namun, keputusan sepenuhnya berada di tangan Mazda Jepang.

Baca juga: Pengaruh PPnBM 0 Persen, Honda HR-V Banyak Dicari

Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019carsales.com.au Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019

“Untuk elektrifikasi saat ini, kita hanya bisa bilang bahwa kita sedang melakukan studi yang mendalam untuk mendatangkan mobil elektrik ke Indonesia,” ujar Erik dalam konferensi virtual, Selasa (9/3/2021).

“Baru sampai seperti itu yang kita bisa share, karena semua sedang digodok dan dimatangkan di headquarter Mazda di Jepang,” kata dia.

Seperti diketahui, Mazda Motor Corporation telah memperkenalkan salah satu mobil listrik, Mazda MX-30, dalam ajang Tokyo Motor Show 2019.

Baca juga: Rem Mendadak di Tol, Apakah Harus Menyalakan Lampu Hazard

Tampak belakang dari Mazda MX-30carsales.com.au Tampak belakang dari Mazda MX-30

Produk ini menjadi mobil listrik perdana yang diproduksi secara massal. Mazda MX-30 merupakan model generasi ketiga yang menawarkan cara-cara baru dalam berkendara.

Mobil ini dirancang dengan material ramah lingkungan seperti gabus dan kain yang terbuat dari bahan daur ulang. Mazda MX-30 juga mengadopsi freestyle doors 2 sehingga pengguna menemukan cara baru dan kreatif dalam berkendara.

Model ini juga mengadopsi teknologi penggerak listrik baru Mazda, e-Skyactiv, dan menggabungkan respons dengan karakter yang dinamis untuk mencapai kinerja yang dapat dinikmati pengemudi secara alami.

Baca juga: Tesla Tidak Batal Investasi di Indonesia, tetapi Bukan Bikin Pabrik Mobil

Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30Dieter Daniels/newmobility.news Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30

Bicara soal dapur pacu, MX-30 mengusung motor listrik berjenis AC Synchronous yang menghasilkan tenaga 140 tk dan torsi 265 Nm.

Berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini mampu melakukan akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 9,7 detik dengan kecepatan maksimal di 140 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com