Matikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Bisa Bikin Aki Soak?

Kompas.com - 26/02/2021, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor matik keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan piranti keselamatan berupa side stand switch.

Dengan fitur tersebut, mesin motor akan mati apabila standar samping diturunkan dan mesin tidak bisa dinyalakan.

Tapi karena punya fungsi tersebut, pemilik motor kerap kali langsung mematikan mesin dengan menegakan standar samping alih-alih memutar kunci kontak.

Baca juga: Indonesia Jadi Kontributor Utama Penjualan Pajero Sport di Dunia

Lantas, amankah perilaku tersebut?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, bila side stand switch digunakan untuk mematikan mesin itu ternyata bisa mengakibatkan aki mudah soak.

“Biasanya orang lupa mematikan kunci kontaknya karna mesin sudah mati saat standar samping di fungsikan untuk mematikan motor,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Pasalnya, saat mematikan mesin lewat standar samping, fungsi kelistrikan motor masih bekerja. Di antaranya lampu utama dan panel instrumen yang masih menyala. 

Apalagi pada motor yang lampunya belum LED dan butuh arus listrik yang lebih besar. Jika terlalu lama dibiarkan, hal itu tentu akan membuat aki cepat tekor. 

Baca juga: RE Classic Laris Manis, Orang Indonesia Suka Sejarah dan Budaya

“Tetapi kalau mematikan mesin menggunakan standar samping kemudian kunci kontak segera di off, tidak akan membuat aki soak,” kata Ribut.

Perlu dicatat, kebiasaan tersebut juga menyangkut aspek keamanan. Sebab, motor yang ditinggalkan dalam posisi kunci kontak on, memiliki potensi besar untuk dicuri. Karena tinggal merilis standar dan starter, motor tersebut bisa langsung dibawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.