Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Kontributor Utama Penjualan Pajero Sport di Dunia

Kompas.com - 26/02/2021, 11:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama dinanti dan banyak dibicarakan, akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan Pajero Sport facelift pada Selasa (16/2/2021).

Kehadiran sport utility vehicle (SUV) dengan bodi boxy tersebut, juga membawa sejumlah catatan penting. Salah satunya prestasi penjualan yang menjadi barometer penerimaan masyarakan Indonesia terhadap Pajero Sport.

Dengan riwayat lebih dari 12 tahun sejak diperkenalkan pertama kali di Tanah Air, Mitsubishi mengklaim Pajero Sport mendapat respons positif. Hal tersebut dibuktikan dengan total populasinya yang hingga Januari 2021 mencapai 164.773 unit berdasarkan data penjualan retail MMKSI.

Baca juga: Pindad Siapkan Maung Bermesin Ford, Isuzu, dan Tata

Menariknya lagi, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mencatat sebanyak 348.000 unit Pajero Sport terjual pada periode 2015 hingga 2021. Dari jumlah tersebut, Indonesia menjadi negara penyumbang penjualan terbesar bagi Pejero Sport dengan total mencapai 89.000 unit.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021MMKSI Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

Kondisi itu pun membuat populasi Pajero Sport paling banyak ada di Tanah Air. Sementara Thailand menjadi negara kedua dengan penjualan 80.000 unit, Filipina 66.000 unit, Australia 34.000 unit, dan Russia yang menempati urutan kelima dengan jumlah 26.000 unit.

Sejak 2017 hingga saat ini, Pajero Sport yang dijual dan dipasarkan di Indonesia telah diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, Pajero Sport facelift merupakan model yang dikembangkan dengan mempertimbangkan masukan dari konsumen di dunia, termasuk Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting MMC di Kawasan ASEAN.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian produk Mitsubishi Pajero Sport dan Triton melewati beragam jenis jalan di wilayah pegunungan BromoKompas.com/Kristrianto P Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian produk Mitsubishi Pajero Sport dan Triton melewati beragam jenis jalan di wilayah pegunungan Bromo

"Dengan penerimaan dan penjualan yang baik kami berharap model Pajero Sport dapat terus berkontribusi untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata Nakamura dalam ketertangan resminya, Jumat (26/2/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com