Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Era Mobil Listrik, Korlantas Polri Pakai Tesla Model 3

Kompas.com - 25/02/2021, 18:13 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Importir Prestige Image Motorcars bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) meminjamkan satu mobil listrik Tesla Model 3 untuk digunakan Korlantas Polri sebagai mobil patroli lalu lintas.

Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung agenda pemerintah dalam mendorong era elektrifikasi kendaraan bermotor di Tanah Air sekaligus memperkenalkan kendaraan Tesla di jajaran Kepolisian RI.

"Kami dari Prestige Motorcars siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI guna mempercepat penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," ujar Rudy Salim, CEO Prestige Motorcars, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Target Semua Mobil Baru Suzuki Punya Teknologi Listrik pada 2025

Penyerahan Tesla Model 3 ke Korlantas Polri Penyerahan Tesla Model 3 ke Korlantas Polri

Model 3 merupakan mobil termurah Tesla yang sudah dibeli oleh banyak pencinta kendaraan roda empat dalam negeri berharga sekitar Rp 1,5 miliar.

Khusus pada produk kali ini, mobil sudah disesuaikan dengan beragam kebutuhan tugas patroli seperti pemasangan lampu strobo pada bagian atap serta stiker khas biru-merah berikut logo kepolisian pada bagian pintu.

Pada klaimnya, kendaraan tersebut bisa menempuh jarak 400 kilometer dalam sekali pengecasan dengan estimasi biaya sangat minim, yakni sekitar Rp 70.000.

Spesifikasi gahar yang dimiliki oleh Model 3 tipe Standard Range Plus itu mampu berakselerasi 0 hingga 100 kpj hanya dalam waktu 5,6 detik dan kecepatan maksimum mencapai 225 kpj.

Baca juga: 8 Fungsi Pelumas Kendaraan

Korlantas gunakan Tesla Model 3 sebagai mobil patroli Korlantas gunakan Tesla Model 3 sebagai mobil patroli

Selain itu, mobil juga hadir dengan beragam fitur yang menunjang dalam pengendalian dan penggunaan, seperti Autopilot Mode dan Recirculating Air Quality Mode.

"IMI akan selalu mendukung program pemerintah. Semoga dengan acara ini bisa meningkatkan keinginan masyarakat terhadap mobil listrik ramah lingkungan tanpa gas emisi," ujar Dewan Pengawas IMI, Syamsul Bahri.

Adapun acara penyerahan Tesla Model 3 dilangsungkan pada hari ini pukul 14.00 WIB di lapangan NTMC Korlantas Polri. Penyerahan simbolis dilakukan Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Rifat Sungkar yang mewakilkan IMI, Bendahara IMI Effendy Gunawan, dan Rudy Salim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com