Kompas.com - 25/02/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi Oli PhiksharkIlustrasi Oli
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli kendaraan berfungsi untuk melumasi bagian-bagian tertentu. Tujuannya ialah untuk melindungi komponen mesin yang bergerak.

Brahma Putra Mahayan, Jr Technical Specialist HSD Engine Oil Pertamina Lubricants, mengatakan, pelumas melumasi komponen mesin yang bergerak relatif satu dengan yang lain.

"Pelumas adalah benda yang ditempatkan di dua bagian atau komponen yang ada di bagian mesin. Kita familiar pelumas ialah oli dan grease (gemuk)," kata Brahma saat Pertamina Lubricants Workshop secara daring, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Livery Motor Pertamina Mandalika SAG Team Lebih Simpel

TMO Lubricants saat diproduksi di fasilitas milik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur.TAM TMO Lubricants saat diproduksi di fasilitas milik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur.

"Tetapi pelumas sebetulnya tersedia dengan bentuk lain yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya ialah bedak supaya pipi mulus tidak bergesekan, kemudian saat mau masak pakai anti lengket," katanya.

Brahma mengatakan, pelumas setidaknya memiliki delapan fungsi. Mulai dari mengurangi gesekan, keausan komponen, media pendinginan, serta membersihkan dan mengendalikan kontaminan.

"Kok pendingin? bukannya radiator? jadi panas dari mesin diambil lebih dulu oleh pelumas dan kemudain diambil lagi dari radiator," kata Brahma.

"Kalau zaman dulu tidak semua mesin pakai radiator dan hanya mengandalkan pendingin angin. Saat lampu merah atau macet tidak ada angin tidak ada pendinginan akan overheat," katanya.

Biker big matic bisa merasakan kenyamanan tanpa batas dari Enduro Matic V di acara Ganti Oli untuk 5.000 Big Matic?, pada 10-14 Desember 2020. (Dok. Pertamina Lubricants). Biker big matic bisa merasakan kenyamanan tanpa batas dari Enduro Matic V di acara Ganti Oli untuk 5.000 Big Matic?, pada 10-14 Desember 2020. (Dok. Pertamina Lubricants).
Fungsi lain yang tak kalah penting ialah pelumas berguna sebagai penerus gerak (hidrolik), mencegah karat, berfungsi sebagai penyekat atau seal agent, dan mendukung beban.

"Fungsi pembesih, karena ada adiktif seperti detergen. Tapi fungsinya beda dengan deterjen di rumah. Anti karat, sejak zaman majapahit keris tidak berkarat karena dikasih minyak. Fungsinya mirip," katanya.

"Mendukung beban, misalkan pada pelumas di roda gigi seperti gir. Pada gir antara gigi akan bergesekan. Pelumas berperan perpindahan dayanya dari gesekan," kata Brahma.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X