Kompas.com - 25/02/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC SHUTTERSTOCKIlustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Oli dan gemuk merupakan produk pelumas. Keduanya berguna untuk melumasi serta mencegah gesekan dan keausan komponen.

Brahma Putra Mahayan, Jr Technical Specialist Pertamina Lubricants, mengatakan, ada perbedaan antara pelumas sebagai oli kendaraan dan gemuk atau grease.

Baca juga: Livery Motor Pertamina Mandalika SAG Team Lebih Simpel

Perbedaan keduanya terletak pada bahan pembentuknya. Secara fisik juga mudah dibedakan, oli lebih encer sedangkan gemuk berbentuk semi padat.

Pemberian grease untuk starter engkol skutik.KompasOtomotif-donny apriliananda Pemberian grease untuk starter engkol skutik.

"Bahan dasar pelumas umumnya 90 persen base oil untuk memberikan sifat dasar pelumasan. Kemudian ditambahkan aditif dalam jumlah relatif sedikit untuk memperbaiki base oil," katanya saat Pertamina Lubricants Workshop secara daring, Kamis (25/2/2021).

Sedangkan gemuk, kata Brahma pada dasarnya ialah pelumas yang ditambahkan bahan pengental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Gemuk atau grease merupakan pelumas tipe padat. Bahan grease sebetulnya sama dengan pelumas, base oil plus aditif tapi ditambahkan pengental atau thickener," kata Brahma.

Baca juga: Royal Enfield Meteor 350 Meluncur di Indonesia Bulan Depan

Ilustrasi OliPhikshark Ilustrasi Oli

Brahma menjelaskan, komponen gemuk lumas biasanya terdiri dari base oil dengan kandungan 80-85 persen, ditambah aditif 5-10 persen dan pengental antara 10-15 persen.

"Jenis dan kekentalan grease bervariasi. Karena itu di pasar kita mengenal beberapa jenis gemuk. Hal itu tergantung dari komposisi dan jumlah pengentalnya," katanya.

"Untuk mengecek kekentalannya kadang kala kalau orang bengkel, dicek pakai jempol dan telunjuk," kata Brahma.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X