Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio RS Jadi City Car Terlaris di Awal 2021, Kwid Mulai Tumbuh

Kompas.com - 25/02/2021, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio RS kembali menguasai pasar mobil perkotaan atau city car di dalam negeri, mengalahkan para pesaingnya pada periode awal tahun 2021.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), capaian tersebut diperoleh usai Brio berhasil membukukan total penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales sebesar 1.390 unit.

Sementara produk kendaraan kota lainnya seperti Suzuki Ignis, Renault Kwid, sampai Daihatsu Sirion, hanya berhasil mencapai jumlah distribusi tak lebih dari 200 unit.

Baca juga: STNK Mati atau Telat Bayar Pajak Bisa Terdeteksi Tilang Elektronik

Suzuki Ignis di Inggris memiliki varian bermesin hybrid.autoevolution.com Suzuki Ignis di Inggris memiliki varian bermesin hybrid.

Kendati demikian, realisasi penjualan city car per-Januari 2021 menurun cukup signifikan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Hanya Kwid saja yang mengalami peningkatan sebesar 10 unit.

Lebih rinci, Brio RS mengalami pelemahan penjualan 13,7 persen secara tahunan (year-on-year) tapi naik 7.9 persen dibandingkan bulan lalu atau Desember 2020.

Sementara Ignis yang berhasil membukukan penjualan 189 unit selisih 318 unit dari periode Januari 2020. Bila dibandingkan bulan sebelumnya, tetap ada perlambatan sebesar 42 persen.

Nasib serupa dialami oleh Sirion yang turun dari 20 unit pada tahun lalu menjadi 6 unit di awal 2021. Namun, capaian tersebut lebih baik dari bulan lalu yang nihil penjualan.

Baca juga: Penjualan MPV Murah Meredup, Honda Sebut Ada Pergeseran ke City Car

Review Renault Kwid ClimberKompas.com Review Renault Kwid Climber

Sedangkan Kwid secara perlahan menunjukkan tren positif baik secara tahunan maupun bulanan. Tahun lalu, hanya 5 unit yang berhasil dijual oleh Renault dan 4 unit pada Desember 2020. Tapi kini, penjualannya sebanyak 15 unit.

Adapun total pasar domestik di Januari 2021 mengalami perlambatan 8 persen dari bulan sebelumnya atau 52.910 unit. Sementara secara tahunan, turun 34 persen yakni dari 80.435 unit.

Berikut wholesales city car per-Januari 2021:

Honda Brio RS: 1.390 unit
Suzuki Ignis: 189 unit
Renault Kwid: 15 unit
Daihatsu Sirion: 6 unit
Kia Picanto: 6 unit

Berikut wholesales city car per-Januari 2020:

Honda Brio RS: 1.612 unit
Suzuki Ignis: 501 unit
Daihatsu Sirion: 20 unit
Renault Kwid: 5 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com