Brio RS Jadi City Car Terlaris di Awal 2021, Kwid Mulai Tumbuh

Kompas.com - 25/02/2021, 15:21 WIB
All new Honda Brio RS STANLY RAVELAll new Honda Brio RS
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio RS kembali menguasai pasar mobil perkotaan atau city car di dalam negeri, mengalahkan para pesaingnya pada periode awal tahun 2021.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), capaian tersebut diperoleh usai Brio berhasil membukukan total penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales sebesar 1.390 unit.

Sementara produk kendaraan kota lainnya seperti Suzuki Ignis, Renault Kwid, sampai Daihatsu Sirion, hanya berhasil mencapai jumlah distribusi tak lebih dari 200 unit.

Baca juga: STNK Mati atau Telat Bayar Pajak Bisa Terdeteksi Tilang Elektronik

Suzuki Ignis di Inggris memiliki varian bermesin hybrid.autoevolution.com Suzuki Ignis di Inggris memiliki varian bermesin hybrid.

Kendati demikian, realisasi penjualan city car per-Januari 2021 menurun cukup signifikan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Hanya Kwid saja yang mengalami peningkatan sebesar 10 unit.

Lebih rinci, Brio RS mengalami pelemahan penjualan 13,7 persen secara tahunan (year-on-year) tapi naik 7.9 persen dibandingkan bulan lalu atau Desember 2020.

Sementara Ignis yang berhasil membukukan penjualan 189 unit selisih 318 unit dari periode Januari 2020. Bila dibandingkan bulan sebelumnya, tetap ada perlambatan sebesar 42 persen.

Nasib serupa dialami oleh Sirion yang turun dari 20 unit pada tahun lalu menjadi 6 unit di awal 2021. Namun, capaian tersebut lebih baik dari bulan lalu yang nihil penjualan.

Baca juga: Penjualan MPV Murah Meredup, Honda Sebut Ada Pergeseran ke City Car

Review Renault Kwid ClimberKompas.com Review Renault Kwid Climber

Sedangkan Kwid secara perlahan menunjukkan tren positif baik secara tahunan maupun bulanan. Tahun lalu, hanya 5 unit yang berhasil dijual oleh Renault dan 4 unit pada Desember 2020. Tapi kini, penjualannya sebanyak 15 unit.

Adapun total pasar domestik di Januari 2021 mengalami perlambatan 8 persen dari bulan sebelumnya atau 52.910 unit. Sementara secara tahunan, turun 34 persen yakni dari 80.435 unit.

Berikut wholesales city car per-Januari 2021:

Honda Brio RS: 1.390 unit
Suzuki Ignis: 189 unit
Renault Kwid: 15 unit
Daihatsu Sirion: 6 unit
Kia Picanto: 6 unit

Berikut wholesales city car per-Januari 2020:

Honda Brio RS: 1.612 unit
Suzuki Ignis: 501 unit
Daihatsu Sirion: 20 unit
Renault Kwid: 5 unit



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X