Miliader di Tuban yang Borong Mobil Banyak yang Belum Punya SIM, Ini Sanksinya

Kompas.com - 23/02/2021, 13:48 WIB
Toyota Kijang Innova milik salah satu warga Desa Sumurgeneng, Kabupaten Tuban, yang rusak karena tabrakan. Pemiliknya diduga belum mahir menyetir motir.
Tribun Jatim/Auto2000Toyota Kijang Innova milik salah satu warga Desa Sumurgeneng, Kabupaten Tuban, yang rusak karena tabrakan. Pemiliknya diduga belum mahir menyetir motir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur belum lama ini viral karena warganya yang mendapat uang miliaran rupiah dari hasil menjual tanah.

Uang tersebut dibelikan mobil baru. Walau sudah memiliki mobil, banyak warganya yang mengaku belum bisa mengemudikan mobil. Namun begitu, mereka tetap belajar mengemudi walau hanya di dekat rumahnya saja.

Perlu diketahui, untuk bisa mengemudikan mobil di jalan raya, tentunya dia perlu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Lalu apa dendanya jika pengemudi tidak memiliki SIM saat mengemudi di jalan raya?

Baca juga: Honda GB350 Menyapa, Intip Bedanya dengan HNess CB350

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 77 Ayat 1 berisi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Baca juga: Apa Kabar Pembangunan Sirkuit Mandalika?

Sedangkan bagi pengemudi yang tidak memiliki SIM, akan dikenai denda sesuai dengan Pasal 281 UU Nomor 22 Tahun 2009 yang berisi:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.