Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Bus AKAP ke Sumatera, Begini Tips Hematnya

Kompas.com - 23/02/2021, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu solusi untuk bepergian dari Jawa menuju kota-kota di Sumatera, yakni dengan naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Bus masih menjadi pilihan orang karena bisa membawa banyak barang.

Untuk tiketnya sendiri, bus AKAP Sumatera jika berangkat dari Pulau Jawa memiliki tarif yang beragam, sekitar Rp 500.000-an sampai Rp 900.000-an. Walau memiliki tarif yang cukup mahal, bus AKAP Sumatera kadang tidak memberi servis makan gratis.

Kemudian dalam perjalanan yang jauh tadi, tentunya bus akan sering beristirahat di rumah makan. Biasanya, rumah makan yang ada di jalur bus AKAP ini memiliki harga yang cukup mahal. Lalu bagaimana tips agar bisa lebih hemat?

Baca juga: Terjadi Lagi, Kasus Pelemparan Batu di Jalan Tol

Bus AKAP SumatraInfomasi Bus - Blogger Bus AKAP Sumatra

Anggota Forum Bismania Indonesia, Asrul Arifin Siregar akan memberikan berbagai tips agar bisa menekan ongkos makan saat dalam perjalanan.

“Pastinya bawa bekal, bawa roti paling mudah. Atau kalau mau repot bisa bawa lauk yang awet, jadi tinggal beli nasinya,” ucap Asrul kepada Kompas.com, belum lama ini.

Misalnya saja, perjalanan bus AKAP Jakarta – Medan, setidaknya akan berhenti minimal lima sampai enam kali di rumah makan. Asrul mengatakan, sekali makan dengan lauk telur, minimal mengeluarkan Rp 20.000.

Baca juga: Rocky dan Xenia Baru Meluncur Tahun Ini, Ini Bocoran Daihatsu

“Itu hanya pakai telur ya lauknya. Gimana kalau pakai ayam atau rendang,” kata Asrul.

Tips lainnya, saat beristirahat, makannya jangan di dalam rumah makannya, tetapi cari di sekitaran tempat istirahat. Di sekitar rumah makan memang bukan nasi menunya, tapi semacam bakso atau yang sejenisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com