Tenang, Motor yang Terendam Banjir Bisa Benar Kembali Seutuhnya

Kompas.com - 22/02/2021, 11:22 WIB
Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Jabodetabek membuat banyak sepeda motor yang terendam. Kondisi ini tentu membuat banyak komponen mengalami kerusakan.

Kerusakan bukan hanya pada sektor mesin saja, tapi juga pada bagian kelistrikan dan lainnya. Namun demikian, bukan berarti kerusakannya tak dapat diperbaiki.

Baca juga: Tips Berkendara yang Aman Saat Melewati Banjir

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur, mengatakan, motor tidak akan terlihat pernah kebanjiran jika sudah dibersihkan. Begitu pula dengan bagian lainnya jika sudah diperbaiki.

Honda PCX yang terendam banjir.Fathan Honda PCX yang terendam banjir.

"Motor yang sudah terendam banjir jika sudah dibersihkan, diperbaiki, dan diservis, sudah aman," ujar Gofur, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bekas banjir, menurut Gofur, biasanya terlihat dari bagian reflektor lampu dan speedometer, akan terlihat ada bekas airnya. Tapi, tidak semua pemilik motor ada yang mengganti kedua komponen itu.

Baca juga: Motor Terendam Banjir, Biaya Ganti Lampu LED Tembus Jutaan Rupiah

"Jika reflektor lampu dan speedometer belum diganti, kelihatan bekas banjirnya. Nah, tergantung dari konsumennya, ada dananya atau tidak untuk mengganti kedua komponen tersebut," kata Gofur.

Apalagi, untuk motor-motor zaman sekarang yang sudah dibekali dengan teknologi LED. Harga orisinil komponen tersebut bisa tembus hingga jutaan rupiah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X