Tips Berkendara yang Aman Saat Melewati Banjir

Kompas.com - 20/02/2021, 13:42 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan astramotor.co.idIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Jabodetabek dan sekitarnya menyebabkan genangan air cukup tinggi di berbagai titik, tak terkecuali jalan Tol.

Bahkan, pada kawasan tertentu genangan yang terjadi membutuhkan waktu cukup lama agar bisa surut. Seiring dengan hal tersebut, menjadi suatu keharusan untuk pengguna kendaraan bermotor agar memperhatikan beberapa hal.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, satu diantaranya ialah prihal gaya berkendara saat melintasi genangan air atau banjir.

Baca juga: Begini Cara Benar Keluarkan Air dari Motor yang Terendam Banjir

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

"Bila pengendara menghadapi jalanan seperti itu, pertama yang harus dilakukan ialah mengatur kecepatan puncak kendaraan agar tidak mengganggu pengguna jalan di sekitarnya," paparnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Mengurangi kecepatan juga dilakukan agar menjaga kendaraan tetap bisa dikendalikan bila secara tiba-tiba menghantam lubang yang tak terlihat atau membutuhkan pengereman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serta, lebih mudah mengatur perputaran mesin kendaraan supaya tidak mati secara mendadak alias mogok.

Baca juga: Catat, Ini Titik Ruas Tol yang Terendam Banjir di Jabodetabek

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

"Tidak jarang yang tak mengatur kecepatan, malah terjatuh karena menginjak lubang. Ia tak bisa mengontrok kendaraannya," ujar Jusri.

Pada kesempatan terpisah, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana juga menyebut manfaat dari mengurangi kecepatan ketika melintasi genangan air untuk meningkatkan kewaspadaan berkendara.

"Dikhawatirkan jalanan ambles akibat cuaca dan lingkungan. Itu sulit diprediksi sehingga tetap harus waspada," kata dia.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X