Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terobos Banjir, Waspada Masuk Selokan

Kompas.com - 21/02/2021, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi membuat beberapa ruas jalan tergenang air. Untuk pengguna sepeda motor yang terpaksa harus menerobos mesti lebih hati-hati.

Seperti video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz Official, memperlihatkan pengguna motor yang jatuh ke selokan sampai terjungkal saat sedang menerjang banjir.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, untuk antisipasi berkendara di musim banjir saat ini memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Motor Parkir Kepanasan dan Kehujanan Bertahun-tahun

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

"Usahakan agar berjalan di bagian tengah jalan raya atau sisi paling kanan untuk menghindari lubang atau selokan di pinggiran jalan," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berjalan di tengah bisa mengurangi risiko masuk selokan. Selain itu, bagian tengah jalan biasanya lebih tinggi ketimbang di pinggir.

"Biasanya, bagian jalan tersebut lebih aman dan lebih tinggi," kata Agus.

Agus mengatakan, jika tidak terpaksa lewat jalan banjir ada baiknya untuk mencari jalan alternatif. Jangan memaksakan lewat apabila belum paham situasi jalan tersebut.

Baca juga: Lesu, Pasar Mobil Bekas Mulai Kena Dampak Diskon Pajak

"Selalu jaga keseimbangan motor agar tetap stabil saat melalui jalan yang sedikit berlubang agar tidak terjatuh," ujar Agus.

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Batas aman

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor ( AHM), mengatakan, jika terpaksa harus melintasi jalan yang tergenang banjir sebaiknya mengetahui ketinggian air.

Pastikan ketinggian air masih aman untuk dilewati atau tidak melebihi tinggi dari ujung knalpot sepeda motor.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintas di lokasi yang banjir,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com