Motor yang Terendam Banjir Tidak Cukup Servis Sekali

Kompas.com - 22/02/2021, 08:12 WIB
Sejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa. KOMPAS.com/M ZAENUDDINSejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa.

JAKARTA, KOMPAS.com – Banjir belum lama ini terjadi di beberapa wilayah Jakarta. Salah satu yang menjadi korban banjir adalah kendaraan, misalnya motor.

Ketika sudah surut banjirnya, pemilik motor biasanya pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi motornya. Jika ada kerusakan, tentu perlu diperbaiki agar motor bisa kembali digunakan.

Namun setelah diperbaiki, ternyata tidak bisa sekali saja, ada beberapa hal yang perlu diganti kembali walau motor sudah kembali digunakan.

Baca juga: Satu Payung, Beda Segmentasi antara Benelli dan Keeway

Motor terendam banjirKOMPAS.com/Gilang Motor terendam banjir

Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin mengatakan, beberapa komponen yang ada di motor ada yang rentan terhadap banjir. Sebaiknya segera diperbaiki agar tidak semakin parah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah melakukan perbaikan di bengkel, seharusnya kembali lagi untuk dicek ulang. Biasanya, seminggu setelah diperbaiki," ujar Wahyudin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bagian yang perlu diganti lagi walau setelah diservis adalah pelumas. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi air yang ada di dalam mesin. Begitu juga busi yang perlu dicek agar berfungsi maksimal.

Baca juga: Lesu, Pasar Mobil Bekas Mulai Kena Dampak Diskon Pajak

"Minimal oli mesin dan oli gardan diganti lagi. Selain itu, dilakukan juga pengecekan pembakaran di busi," kata Wahyudin.

Selain itu, bisa juga menggunakan engine flush yang dicampur ke oli mesin. Fungsi dari engine flush ini yaitu untuk menguras bagian dalam mesin sampai bersih.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X