Ada DP 0 Persen dan Insentif PPnBM, Ini Dampaknya buat Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 19/02/2021, 15:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) secara resmi melonggarkan ketentuan uang muka kredit alias down payment (DP) menjadi paling sedikit 0 persen untuk pembelian mobil dan motor baru.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengumumkan pemberian relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil baru mulai Maret-November 2021.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan industri otomotif yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19 pada 2020.

Baca juga: IIMS Virtual 2021 Resmi Dibuka, Siap Percepat Pemulihan Otomotif

Ilustrasi konsumen tengah memilih mobil bekas di shoroom Mobil88Mobil88 Ilustrasi konsumen tengah memilih mobil bekas di shoroom Mobil88

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88, mengatakan, meningkatnya penjualan mobil baru diprediksi akan turut membuat penjualan mobil bekas naik.

“Karena suplainya mobil bekas kan dari mobil baru, kalau banyak yang beli mobil pasti akan banyak juga yang jual,” ujar Fischer, kepada Kompas.com (19/2/2021).

“Konsumen yang dananya terbatas pasti melirik mobil bekas. Tapi kalau demand beli mobil baru turun, demand mobil bekas ikut terdampak,” katanya.

Baca juga: Setelah Insentif Pajak, Ada DP 0 Persen untuk Beli Mobil dan Motor Baru

Ilustrasi mencari mobil bekas di situs resmi Mobil88.Dok. Mobil88 Ilustrasi mencari mobil bekas di situs resmi Mobil88.

Meski begitu, pemberian insentif fiskal bagi pembelian mobil baru akan membuat harga mobil bekas terkoreksi.

“Kalau harga mobil baru turun, mobil bekas mungkin akan turun harga. Khususnya untuk mobil bekas tahun muda, pasti ada koreksi,” ucap Fischer.

“Cuma kan relaksasi 100 persennya hanya 3 bulan, setelah itu berangsur normal, harapan kami nanti naik lagi,” tuturnya.

Baca juga: Lebih Tertarik ke India, Bagaimana Kesepakatan Tesla dengan Indonesia?

Ilustrasi showroom mobil bekas Mobil88.Dok. Mobil88 Ilustrasi showroom mobil bekas Mobil88.

Adapun untuk rencana DP 0 persen untuk pembelian mobil baru, Fischer belum bisa memastikan apakah mobil bekas bisa menikmati insentif tersebut.

“Kalau kami kebagian DP 0 persen, otomatis ikut naik penjualannya. Cuma permasalahannya, leasing keluarkan enggak? Paketnya seperti apa? Jangan sampai DP 0 persen ini ketat sekali, pasti akan sama saja,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.