Mobil Jeblos ke Selokan karena Banjir, Waspadai Bahaya Ini

Kompas.com - 19/02/2021, 14:31 WIB
Mobil terperosok ke kali INSTAGRAM/INFODEPOK_IDMobil terperosok ke kali

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras kerap melanda beberapa daerah di Indonesia. Bahkan hujan yang deras ini membuat banyak ruas jalan tergenang oleh air. Bagi para pengemudi yang ingin menerabas, harus ekstra hati-hati.

Jangan sampai mobil terperosok ke selokan seperti yang terjadi di Depok. Kejadian ini diabadikan dan diunggah oleh akun Info Depok id, video singkat ini memperlihatkan SUV terperosok ke solokan di pinggir jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jalan yang tergenang air membuat kedalamannya tidak bisa diprediksi.

Pengemudi biasanya meremehkan kalau tidak ada lubang besar, apalagi di daerah perkotaan.

Baca juga: Terus Berinovasi, Fase Pertama IIMS Virtual Resmi Digelar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

 

“Hal yang harus diperhatikan, pertama pastikan batas-batas jalan terlihat dengan sempurna. Misal ada pohon, trotoar, maupun obyek-obyek yang umumnya ada di pinggir jalan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Jika batas tadi tidak terlihat, jangan coba melintas karena ada bahaya terperosok mengancam. Apalagi jika jalannya terbuat dari beton, biasanya batas patahannya tinggi. Kedua, jangan merasa percaya diri karena mengemudikan mobil yang tinggi.

“Jangan merasa percaya diri sekalipun kendaraannya SUV atau tinggi. Mengingat risiko terperosok tidak bisa di prediksi,” kata Sony.

Baca juga: Jadi Varian Paling Sporty, Apa Saja Ubahan Brio RS Urbanite

Terakhir, pengemudi bisa melakukan langkah antisipasi dengan berhenti jika tidak yakin. Lihat kondisi lingkungannya seperti orang, motor, dan pohon, jadikan patokan untuk mengecek seberapa tinggi genangannya.

“Jadi lebih baik balik arah kalau menerabas ternyata berbahaya,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.