Derita Pemakai Supermoto di Musim Hujan, Baju Kotor Kena Cipratan

Kompas.com - 19/02/2021, 14:21 WIB
Dana minimalis ubah Kawasaki D-Tracker standar lebih menarik AMDana minimalis ubah Kawasaki D-Tracker standar lebih menarik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan naik supermoto punya beberapa keunggulan. Pengendara lebih percaya diri jika ingin menerobos genangan air dan jalan rusak.

Meski demikian ada juga kelemahannya. Dicky Saputra, pemilik Kawasaki D-Tracker 150 tahun 2017, mengatakan, naik supermoto mesti tahan cipratan.

Karena supermoto merupakan motor adaptasi dari motor trail buat jalan aspal, sepatbor supermoto sedikit banyak masih bergaya motor buat garuk tanah.

Baca juga: Modifikasi Bergaya Supermoto Cocok buat Terobos Banjir

Referensi modifikasi Yamaha WR 155 R bergaya supermoto oleh Yamaha JogjaDok. Yamaha Jogja Referensi modifikasi Yamaha WR 155 R bergaya supermoto oleh Yamaha Jogja

Kondisi ini membuat sepatbor kurang bisa menahan ciptaran air atau lumpur di jalan. Sehingga pengendara rentan kotor jika melewati jalanan becek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apalagi sepatbor belakang saya copot cuma pakai segitiga yang kecil. Kalau hujan nyiprat ke punggung sampai kepala. Dari depan juga sama, ke tangan, dada, dan bagian kaki, sepatu, habis," kata Dicky kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dicky mengatakan, memakai sepatbor belakang cukup membantu untuk menahan cipratan bagian punggung, tapi untuk sepatbor depan sama saja tetap nyiprat ke kaki.

Solusinya kata Dicky, saat musim hujan sebaiknya atur waktu perjalanan. Jika memang hujan dan tidak mau kena cipratan bisa dengan meneduh sampai hujan reda.

Baca juga: Punya Mobil Baru, Jangan Lupakan Servis Pertama

Modifikasi Yamaha WR 155R SupermotoFoto: Istimewa Modifikasi Yamaha WR 155R Supermoto

"Tapi paling aman itu pakai jas hujan. Mau nyiprat seperti apa aman karena cipratannya bakal kena ke jas hujan. Sepatu juga pakai sarung sepatu," katanya.

Karena supermoto tidak punya bagasi, Dicky mengatakan saat musim hujan ada baiknya memakai tas belakang kecil untuk menaruh barang-barang termasuk jas hujan.

"Taruh jas hujannya dimana, kalau saya pakai rak belakang kecil," katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.