Motor Nekat Terobos Banjir, Waspada Masuk Selokan

Kompas.com - 19/02/2021, 14:01 WIB
Warga mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANWarga mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, curah hujan di beberapa daerah sangat tinggi hingga menyebabkan genangan air yang tinggi hingga banjir.

Dengan begitu, selokan menjadi meluap. Kondisi ini sangat berbahaya, karena selokan tidak terlihat karena tertutup banjir.

Baca juga: Modifikasi Bergaya Supermoto Cocok buat Terobos Banjir

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, untuk antisipasi berkendara di musim banjir saat ini, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara sepeda motor, agar aman saat melewati jalan banjir atau genangan air.

Sebuah Bajaj menerobos banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sebuah Bajaj menerobos banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/2) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir.

"Jika ada genangan air yang cukup tinggi, pastikan agar tidak melebihi knalpot sepeda motor. Jaga putaran gas secara konstan agar air tidak masuk ke dalam knalpot motor, supaya motor tidak mogok di tengah banjirm" ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus menambahkan, usahakan agar berjalan di bagian tengah jalan raya atau sisi paling kanan untuk menghindari lubang atau selokan di pinggiran jalan.

"Biasanya, bagian jalan tersebut lebih aman dan lebih tinggi," kata Agus.

Baca juga: Motor yang Terendam Banjir Bisa Diatasi dengan Angkat Ban Depan?

Agus mengatakan, ada baiknya untuk mencari jalan alternatif. Jangan memaksakan lewat jalan yang digenangi banjir apabila belum paham situasi jalan tersebut.

"Selalu jaga keseimbangan motor agar tetap stabil saat melalui jalan yang sedikit berlubang agar tidak terjatuh," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.