Bocor, Desain Bus Kursi Selonjoran buatan Karoseri Tentrem

Kompas.com - 19/02/2021, 13:54 WIB
Bocoran foto Avante H9 priority Instagram/populace_republictransport_ltdBocoran foto Avante H9 priority

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren bus dengan personal kabin seperti pesawat memang sedang tren di Indonesia. Misalnya seperti Legacy SR2 Suites Class buatan Laksana, lalu muncul juga jetbus 3+ Dream Coach buatan Adiputro, sekarang bocor desain bus serupa buatan karoseri Tentrem.

Gambar bocoran bus ini diunggah oleh akun Populace Republic Transport di Instagram. Pada gambar tersebut terpampang jelas sebuah bodi bus besar yang dinamai dengan Avante H9 Priority.

Avante H9 ini difoto dari berbagai sudut, mulai dari tampang depan dan belakang. Sisi sampingnya pun bisa dibilang mirip dengan bodi bus tingkat dengan kaca samping yang menumpuk.

Baca juga: Brio RS Urbanite, CR-V Facelift, dan Odyssey Facelift Resmi Meluncur

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian ada juga gambar kabinnya, terlihat akan seperti apa kabin pribadi yang terpisah setiap penumpangnya. Serta gambar lorong yang menampilkan posisi kursi yang disusun bertingkat.

Melihat dari namanya, nampaknya bus dengan kursi selonjor ini menggunakan basis Avante H9. Sehingga ketinggian bus sekitar 3,9 meter, lebih tinggi daripada pesaingnya yang lebih dahulu hadir.

Misalnya kalau Legacy SR2 Suites Class buatan Laksana, tingginya sekitar 3,7 meter dan hetbus 3+ Dream Coach juga sekitar 3,8 meter. Selain itu, ketika menggunakan bodi Avante H9, sasis yang digunakan juga minimal memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 18 ton.

Baca juga: Jangan Mengamuk, Begini Adab yang Benar Ketika Ditilang Polisi

Avante D2Twitter Avante D2

Untuk sasis yang cocok dipasang ke bodi H9 Avante Priority yang ada di pasaran yakni Mercedes Benz OH 1836 dan Scania K360iB. Kedua sasis ini memiliki GVW 18 ton, sehingga pas untuk membawa bodi Avante H9 yang tinggi.

Hadirnya Avante H9 Priority ini akan meramaikan persaingan antar karoseri dalam membuat bus yang mewah. Selain itu, penumpang pun jadi memiliki banyak pilihan ketika memilih bus-bus mewah tadi.

Selain itu, model kursi yang personal atau terpisah setiap penumpangnya juga cocok dengan situasi pandemi Covid-19. Jadi setiap penumpang tidak berdekatan serta menjaga jarak aman yang mengurangi penularan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.