IMI Lagi Godok Konsep FIM MiniGP World Series

Kompas.com - 11/02/2021, 09:42 WIB
FIM MiniGP World Series Dok. Dorna SportsFIM MiniGP World Series

JAKARTA, KOMPAS.com - FIM dan Dorna Sports membuka kesempatan lebih besar untuk para pebalap muda melangkah lebih dekat ke MotoGP dengan mengadakan FIM MiniGP World Series.

Ajang balap MiniGP ini rencananya akan diadakan di negara mana pun yang sanggup. Tapi, dengan regulasi dari FIM dan Dorna.

Baca juga: Dorna Sports Saring Pebalap Bocah Lewat FIM MiniGP World Series

Pemenang dari tiap negara rencananya akan dipertandingkan lagi di World Final yang akan digelar bersamaan dengan seri terakhir MotoGP di Valencia, Spanyol.

Motor balap MiniGP dari OhvaleInstagram @ohvale_official Motor balap MiniGP dari Ohvale

Medya Saputra, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia ( IMI) Pusat, mengatakan, IMI menyambut baik rencana tersebut. Bahkan, saat ini sudah masuk dalam tahap pembahasan.

"Kami dari IMI Pusat, dari Bidang Olahraga Sepeda Motor, lagi bikin konsepnya. Intinya, kita mau Kejurnas-kan ini kelas dengan spesifikasi motor mungkin tidak bisa mengikuti Dorna. Tapi, minimal motornya sudah MiniGP, sudah full fairing," ujar Medya, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ban Khusus Motor MiniGP Buatan Lokal

Regulasi dari Dorna menyebutkan balapan akan digelar secara One Make Race (OMR) menggunakan motor keluaran Ohvale tipe GP-0 160 dengan ban Pirelli.

"Ada Ohvale, ada SND, ada Lenka, ada Malika, kita juga harus jeli. SND apakah sudah ada sertifikatnya atau belum. Sebab, motor ini kan mirip Ohvale. Sedangkan Ohvale kan resmi dari sana, mungkin ada hak patennya atau apa untuk SND. Kalau itu bisa dilengkapi, mungkin bisa jadi pilihan," kata Medya.

Medya menambahkan, untuk pilihan motor masih belum ditentukan, apakah mengikuti Dorna atau bisa menggunakan opsi lain. Jadi, masih dalam tahap pembahasan, mana yang terbaik.

Ajang perlombaan pocket bike Mini Gp IIMS 2015Otomania/Setyo Adi Ajang perlombaan pocket bike Mini Gp IIMS 2015

"Intinya, kita sambut dengan baik rencana ini. Komunitasnya ada, pesertanya juga ada banyak," ujar Medya.

Untuk sirkuitnya, regulasi dari Dorna menyebutkan harus digelar di sirkuit gokart. Di Indonesia sendiri, ada 20 lebih sirkuit yang bisa dipakai untuk kejuaraan ini dan semuanya merupakan sirkuit permanen.

"Sebenarnya, ada 30 lebih, tapi ada beberapa daerah yang karakternya patah-patah. Jadi, tidak cocok untuk motor full fairing," kata Medya.

Menurutnya, MiniGP World Series akan bisa digelar di Indonesia beberapa tahun lagi. Selain perlu untuk mematangkan konsep, situasi pandemi seperti sekarang juga membuat penyelenggaraan balap jadi sulit.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X