Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Khusus Motor MiniGP Buatan Lokal

Kompas.com - 25/06/2019, 17:53 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama bermain sebagai produsen ban dalam, PT King Tire Indonesia (KTI) selaku pemegang merek ban KingLand, untuk pertama kalinya meluncurkan produk ban luar untuk balap MiniGP.

Langkah ini diklaim menjadi salah satu upaya KTI meramikan pasar aftermarket otomotif Tanah Air sekaligus mengisi ceruk pasar yang belum ada pemainnya. Produk ban sport yang dipasarkan KTI adalah Axcero 001 berdimensi 12 inci 100/460 dan 120/475.

Secara spesifikasi, Axcero dirancang untuk masuk dalam pasar middle up dengan material compound dan construction desain yang dikhususkan untuk menunjang balap MiniGP.

Baca juga: Helm Balap Gokart Khusus Anak

"Ada tiga posisi kompon yang kita rancang sesuai peruntukannya. Rubber base untuk tahan panas, Shoulder untuk absorbing dan stabilitas ban, serta Crown untuk memberikan traksi yang lebih baik," ujar Agung Yulianto selaku Brand and Product Specialist PT KTI, dalam keterangan resminya, Selasa (25/6/2019).

Ban motor khusus balap MiniGP Ban motor khusus balap MiniGP

Agung menjelaskan diproduksi ban ini karena melihat kesulitan dari tim balap atau racing school untuk mendapatkan ban mini GP. Padahal mini GP sendiri merupakan metode penjenjangan pembalap yang paling baik dan memiliki korelasi yang lebih tinggi.

Rencananya Axcero akan diproduksi secara massal tahun depan. Sementara untuk ban khusus kebutuhan balap drag race, yakni King Vellox, sudah siap memasuki pasar antara Agustus dan September 2019 dengan harga yang masih belum diputuskan.

"Kemungkinan untuk tahap awal akan kita pasarkan langsung tidak melalui distributor. Namun disesuaikan di mana ada acara drag race berlangsung. Sambil dari pusat dan masing-masing diler mempelajari potensi pasar di setiap daerahnya," ucap Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com