Dorna Sports Saring Pebalap Bocah Lewat FIM MiniGP World Series

Kompas.com - 01/02/2021, 10:42 WIB
FIM MiniGP World Series Dok. Dorna SportsFIM MiniGP World Series

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports membuka satu lagi pintu untuk menuju MotoGP dengan menggelar FIM MiniGP World Series. Ajang balap ini dikhususkan untuk bocah, anak kecil usia 10 hingga 14 tahun.

Meski ditujukan bagi pebalap muda, tapi ajang balap ini sudah masuk tingkat internasional. Tujuannya memang untuk mempromosikan pebalap muda dan membantu untuk memulai karir balap.

Baca juga: Marquez Masih Cedera, Dorna Enggan Berikan Honda Kompensasi

Dikutip dari MotoGP.com, konsep ajang balap ini sederhana. Dorna dan FIM sudah membuat standarisasi format balap yang bisa diadopsi oleh klub di tingkat nasional, regional, dan internasional, yang akan menciptakan level yang tepat untuk para pebalap muda.

Ohvale GP-0 160Dok. Ohvale Ohvale GP-0 160

Menurut regulasi yang dikeluarkan oleh FIM, tiap seri MiniGP harus digelar minimal 4 seri dengan 8 balapan, dan minimal diikuti 15 pebalap permanen di tiap kompetisi. Balapan sendiri akan digelar di sirkuit gokart dan motor balap yang digunakan harus Ohvale GP-0 160 dengan ban Pirelli.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dorna meminta untuk seri pertama digelar pada Juli 2021 dan seri terakhir tidak lebih dari 17 Oktober 2021. Para pemenang di tiap ajang balap MiniGP ini akan dilombakan lagi di World Final, bersamaan dengan seri terakhir MotoGP.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP Sepang Terancam Batal, Dorna Siapkan Alternatif

Pemenang dari World Final akan mendapat tempat di salah satu program Road to MotoGP. Pemenang bisa balapan di Asia Talent Cup, British Talent Cup, Northern Talent Cup, atau European Talent Cup.

"FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama untuk semua pebalap muda untuk meraih mimpi dan mencapai FIM MotoGP World Championship," ujar Presiden FIM Jorge Viegas, dalam keterangan resminya.

Ohvale GP-0 160Dok. Ohvale Ohvale GP-0 160

Menurutnya, ajang balap ini akan permulaan yang hilang dari program Road to MotoGP, yang dapat membuat setiap pebalap bertalenta untuk menginjak podium dengan dana yang sangat rendah.

"Selain itu, inisiatif FIM/Dorna menempatkan Federasi Nasional di bagian terdepan dari sistem, karena terserah mereka untuk mengatur sepenuhnya kejuaraan balap nasional dan memilih yang terbaik dari setiap negara untuk menjadi wakil di World Final di Valencia," kata Viegas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X