Beli Mobil dan Motor Lelang Harga Pasti Lebih Murah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 01/02/2021, 09:12 WIB
Mobil Subaru Impreza 4D 2.5 STI AWD 5AT yang akan dilelang Bea Cukai di laman lelang.go.id. Dokumen lelang.go.idMobil Subaru Impreza 4D 2.5 STI AWD 5AT yang akan dilelang Bea Cukai di laman lelang.go.id.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli kendaraan bekas baik mobil atau sepeda motor lewat sistem lelang disebut bisa lebih murah daripada harga showroom.

Bady Qadarsyah, Operation Head Balai Lelang Auksi, mengatakan, soal murah dan mahal merupakan pertanyaan paling banyak yang ditanyakan orang saat mau ikut lelang.

"Ini pertanyaan dari banyak orang, kami sendiri tidak berani menjamin harga kendaraan lelang akan lebih murah dari pasaran," kata Bady beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Mesin Motor yang Alami Overheat

Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari.Donny Dwisatryo Priyantoro Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari.

Bukaan harga kendaraan lelang mungkin lebih murah dari pasaran. Tapi bisa jadi hasilnya justru lebih tinggi, sebab lelang menggunakan sistem penawaran tertinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penawar alias bidding tertinggi yang bakal menang. Sehingga bisa jadi saat lelang peserta terbawa nafsu kemudian menawar dengan harga di atas pasaran.

Untuk itu kata Bady, peserta harus mengetahui dahulu harga pasaran kendaraan yang diincar baik di diler resmi maupun di showroom bekas.

"Karena di balai lelang peserta sering kali nafsu untuk menaikkan harga, hingga jadinya harganya bisa lebih mahal daripada harga pasaran," kata Bady.

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Ini

Lelang mobil AuksiFoto: Istimewa Lelang mobil Auksi

Selain itu, ada kalanya juga ketika orang berhasil membeli mobil lelang dengan harga yang di bawah pasar tapi karena tidak teliti justru merugi.

Karena kondisi teknis kendaraan tidak baik dibutuhkan biaya perbaikan yang harganya bisa lebih mahal dari yang ditebus dari balai lelang.

"Konsumen yang mau ikut silahkan datang ke balai lelang untuk mengecek fisik dan kondisi kendaraan yang diinginkan secara langsung dan bisa juga dilakukan test drive di tempat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.