Harus Cek yang Benar, Motor Lelang Dijual Apa Adanya

Kompas.com - 01/02/2021, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi sepeda motor yang ikut lelang dipaparkan apa adanya. Karena itu peserta lelang mesti mengecek dengan benar jika ingin mengajukan penawaran.

Bady Qadarsyah, Operation Head Balai Lelang Asta Nara Jaya atau Auksi, mengatakan, unit yang dilelang didapat dari pihak leasing sehingga kondisi tiap motor tidak sama.

Unit yang dilelang dijual apa adanya alias tidak dilakukan perbaikan. Meski demikian, kata Bady, kalaupun ada kerusakan tingkat kerusakannya maksimal 30 persen.

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Ini

Ilustrasi lelang motor bekasGridOto.com Ilustrasi lelang motor bekas

"Kami tidak ada antisipasi bila ada komponen yang sudah tidak asli lagi, tetapi kami pasti memberitahukan kepada konsumen akan kondisi tersebut," katanya beberapa waktu lalu.

Karena itu sangat penting melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran. Teliti saat lakukan pengecekan.

Selain itu kata Bady, jangan fokus pada satu unit saja tapi lihat juga motor lainnya. Supaya ada pilihan dan menemukan unit yang secara kualitas lebih baik.

Baca juga: Kasus Mobil Sengaja Terjang Genangan Air, Begini Etika Melewatinya

Salah satu Ninja 2 Tak tipe R yang dijual di diler motor bekas Tria Motor di Sukmajaya, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Ninja 2 Tak tipe R yang dijual di diler motor bekas Tria Motor di Sukmajaya, Depok, Rabu (31/1/2018).

Karena itu kata Bady, hal ini yang juga menjadi tugas balai lelang untuk menjelaskannya kepada calon peserta lelang.

Keterbukaan soal kondisi barang menjadi kunci agar calon peserta lelang mau ikut menawar.

"Tim akan menjawab detail tiap pertanyaan soal kondisi motor. Jika ada bekas tabrakan pasti akan dijawab apa adanya. Kita juga menerima motor rusak bekas tabrakan, harganya disesuaikan saat lelang," kata Bady.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.