Banyak yang Tertarik, BUMDes Boyolali Siap Pasarkan Esemka Bima

Kompas.com - 01/02/2021, 08:51 WIB
Esemka Bima 1.3 yang jadi operasional BUMDes Boyolali BUMDes/YASSIR JATMIKAEsemka Bima 1.3 yang jadi operasional BUMDes Boyolali

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama tak ada kabar, mobil pikap Esemka Bima 1.3 garapan PT Solo Manufaktur Kreasi, kembali ramai dibicarakan usai dijadikan kendaraan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kondisi tersebut seakan membuktikan meski gaungnya redup, namun perusahaan yang sahamnya 100 persen dimiliki swasta nasional ini diam-diam tetap eksis dan terus menujukkan pergerakan bisnisnya.

Menariknya, BUMDes Kebonan Mandiri, Kecamatan Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah, memilih pikap buatan lokal ini tak sekadar sebagai mobil operasional saja, tapi juga akan ikut mempromosikan dan memasarkannya.

Baca juga: Mobil Esemka Jadi Kendaraan Operasional BUMDes di Boyolali

"Jadi seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kita harus bangga dengan produk nasional, Esemka ini salah satunya buatan dalam negeri dan yang bikin juga anak desa," ucap Kepala Desa Kebonan Yassir Jatmika saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/1/2021).

Showroom Esemka di BoyolaliESEMKA/PT SOLO MANUFAKTUR KREASI Showroom Esemka di Boyolali

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yassir mengatakan ada peluang bisnis bagi BUMDes untuk ikut serta memasarkan Esemka sambil memperkenalkannya ke BUMDes di kota-kota lain.

Namun demikian, tidak munutup kemungkinan juga untuk menjual ke masyarakat umum yang memang membutuhkan mobil untuk usaha dan suka dengan produk dalam negeri.

"Pada intinya memang sudah ada beberapa BUMDes (dari kota lain) yang mulai tanya-tanya soal Esemka ini, bahkan di luar BUMDes juga sudah ada," ucap Yassir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ESEMKA (@esemkaindonesia)

"Mereka tanya itu soal produknya, harga berapa, lalu bisa kredit atau tidak. Dari situ sudah bisa dilihat peminatnya, tapi untuk detailnya nanti dulu ya," kata dia.

Seperti diketahui, sebelumnya wacana memasarkan mobil niaga ringan Esemka via BUMDes, juga sudah pernah dibahas usai peresmian pabrik pada 2019 lalu.

Baca juga: Tertarik Beli Mobil Esemka, Begini Cara Pesannya

Esemka Bima 1.3 yang jadi operasional BUMDes BoyolaliBUMDes/YASSIR JATMIKA Esemka Bima 1.3 yang jadi operasional BUMDes Boyolali

Direktur Utama BUMDes Indonesia Eddy Limatoro mengatakan, bila pihaknya tak hanya akan menjual Esemka untuk anggotanya saja, tapi juga masyarakat umum.

Namun untuk proses pembelian, untuk sementara waktu harus dilakukan secara tunai, alias tak bisa melalui metode cicilan atau kredit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ESEMKA (@esemkaindonesia)

"Kami juga bisa layani untuk masyarakat umum, kalau memang dan tertarik bisa langsung ke kantor-kantor cabang BUMDes yang sudah ada di semua desa. Karena belum memiliki sokongan perusahaan pembiayaan, sementara waktu BUMDes hanya melayani pembelian Esemka Bima secara tunai," ucap Eddy beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.