Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan truk terguling kerap terjadi di jalanan. Truk mengalami kecelakaan tunggal dan bodi truk yang terbalik kadang menutup jalan sehingga mengganggu lalu lintas.

Lalu mengapa truk dengan beban muatan yang cukup besar ini sangat rawan untuk terguling?

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, truk yang mudah terguling ini disebabkan pusat gravitasinya yang tinggi berbeda dengan mobil lain pada umumnya.

Baca juga: Kabar Baru Soal Daihatsu Rocky di Indonesia, Tahun Ini Lahir?

Toyota Alphard tabrak truk terguling di JORRhttps://ntmcpolri.info/ Toyota Alphard tabrak truk terguling di JORR

Pusat gravitasi truk yang tinggi membuat pengemudi butuh keahlian khusus untuk mengatur kecepatan saat bermanuver,” kata Marcell kepada Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

Perilaku pengemudi truk juga nampaknya masih belum bisa mengubah gaya mengemudinya. Bisa jadi mereka menganggap mengemudikan truk sama saja dengan kendaraan kecil, sehingga melupakan kalau truk sangat mudah oleng.

“Selain kurang keahlian tadi, bisa juga pengemudi mengambil risiko seperti aksi oleng yang biasa mereka lakukan,” kata Marcell.

Baca juga: Mengenal Istilah Masuk Angin pada Mobil Diesel dan Penyebabnya

Marcell menjelaskan, saat mobil menikung, muncul gaya sentrifugal karena adanya gerak melingkar dari gerakan kendaraan. Efeknya, bobot kendaraan berpindah ke sisi berlawanan dari arah berbelok.

“Apalagi bila truk tersebut over dimension over loading (ODOL), lebih sulit untuk dikendalikan. Semakin tinggi dimensi truk, gaya sentrifugal akan makin besar,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com