Video Viral Kijang Innova Bensin Diisi Solar, Simak Dampaknya!

Kompas.com - 18/01/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi bagian mulut tangki BBM GridOto.comIlustrasi bagian mulut tangki BBM

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini video yang menunjukkan tangki bahan bakar Toyota Kijang Innova bermesin bensin tengah dikuras usai tanpa sengaja diisikan solar viral di media sosial.

Tidak diketahui penyebab utamanya, tapi besar kemungkinan karena pihak bersangkutan kurang informasi serta konsentrasi saat hendak melakukan pengisian bahan bakar.

Lantas, apa dampak yang akan terjadi pada mobil terkait? Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha menjelaskan bahwa beberapa komponen terkait di kendaraan kemungkinan besar rusak.

Baca juga: Mengenal Sekilas Aerodinamika pada Mobil

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mobilgue (@mobilgue)

"Hal pertama yang mungkin terjadi ialah kinerja mesin tak dapat berkerja optimal bahkan bisa mogok. Sehingga tangki bahan bakar harus dikuras termasuk saluran-salurannya," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Hal serupa dinyatakan Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi karena titik nyala bensin dan solar memiliki perbedaan sehingga busi tidak bisa melakukan pembakaran sempurna.

Sapta menjelaskan, mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin dimana untuk proses pembakarannya digunakan busi (sparkplug).

"Sedangkan mesin diesel, cara kerjanya adalah dengan melakukan kompresi terhadap udara, selanjutnya udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi dipicu pembakaran dengan solar,” ujar dia.

Baca juga: Ingat Lagi, Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas

Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.Innova Community (IC) Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.
 

Maka, cukup mudah bagi pengemudi untuk menyadari apakah bahan bakar yang digunakan sudah sesuai atau belum ketika baru saja keluar dari SPBU setempat.

"Ketika kinerja mesin tampak beda signifikan dan yakin kalau salah isi jenis bahan bakar, langsung saja matikan mesin. Towing mobil ke bengkel agar dilakukan penanganan segera termasuk kuras," kata Didi.

"Jangan dipaksakan untuk mobil terus berjalan karena jika mogok di jalan akan sangat menyulitkan. Di samping itu kerusakan juga bisa semakin fatal pada engine," tutupnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X