Kemenhub Siapkan Aturan Konversi Mobil dan Bus Listrik

Kompas.com - 15/01/2021, 08:31 WIB
Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain. AUTOCAR.co.ukMini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengeluarkan peraturan konversi sepeda motor konvensional menjadi listrik berbasis baterai, kini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai menyusun regulasi bagi kendaraan roda empat ke atas.

Risal Wasal, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, Kemenhub kini mulai melakukan penyusunan aturan konversi baik untuk mobil dan bus.

"Kita sekarang ini sedang siapkan regulasi untuk konversi kendaraan listrik bagi roda empat ke atas. Artinya bukan hanya untuk mobil saja, tapi juga untuk bus," ucap Risal saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Begini Wujud Avanza Listrik yang Siap Diproduksi Mulai 2022 ?

Menurut Risal, proses mengenai tahapan penyusunan aturan regulasi konversi kendaraan roda empat ke atas menjadi berbasis baterai, sedang dibicarakan lebih lanjut.

Bus Listrik DamriDamri Bus Listrik Damri

Namun demikian, salah satu operator transportasi umum sudah ada yang mulai melakukan pelaksanaan uji cobanya, yakni Perum Damri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Damri sudah mulai melakukan uji coba konversi bus-bus lawasnya menjadi listrik. Jadi oleh mereka dengan mengandeng salah satu pihak swasta lokal mulai mengubah mesin bus konvensional ke baterai," ucap Risal.

Baca juga: Damri Akan Lakukan Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi Umum

"Tujuan mereka karena untuk kendaraan operasional umum, jadi terkait juga soal biaya, kita tahu (kendaraan) listrik memang lebih murah dibandingkan membeli BBM," kata dia.

Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf Foto: Wikipedia/H.Kashioka Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf

Lebih lanjut Risal menjelaskan, nantinya regulasi konversi roda empat ke atas juga bisa dimanfaatkan oleh pemilik mobil pribadi.

Baca juga: Harga Mahal Jadi Kendala Bus Listrik di Indonesia

Untuk aturan mainnya sendiri, Risal mengklaim kurang lebih sama dengan konversi motor, yakni bisa digunakan bagi mobil yang sudah memiliki surat-surat lengkap. Selain itu, bengkel yang melakukan konversi juga wajib disertifikasi.

Bus listrik DamriDamri Bus listrik Damri

"Garis besarnya sama dengan konversi motor, tapi mungkin mobil dan bus lebih kompleks karena komponennya banyak. Berlahan sekaligus melihat uji coba kita mulai susun aturannya," ujar Risal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.