Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damri Akan Lakukan Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi Umum

Kompas.com - 15/12/2020, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDamri sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi darat dan salah satu operator bus terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai mencapai 20 persen dari populasi kendaraan di Indonesia tahun 2025.

Mengingat kendaraan listrik berbasis baterai telah menjadi fokus pemerintahan saat ini. Alasannya, kendaraan listrik berbasis baterai ini memiliki peranan penting di masa depan, seperti emisinya yang rendah sehingga menurunkan polusi dan mengurangi ketergantungan pada impor BBM.

Direktur Teknik dan Fasilitas, Arifin mengatakan, bentuk dari komitmen tersebut adalah melalui acara Semiloka Retrofit Bus Listrik Untuk Transportasi Umum yang diadakan di Villa Back to Nature, Bogor pada 14-15 Desember 2020.

Baca juga: Alasan Mengapa Susunan Kursi Bus Lebih Banyak di Sisi Kanan Kabin

Semiloka Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi UmumDamri Semiloka Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi Umum

“Program retrofit, secara umum adalah program yang mengubah kendaraan konvensional, dalam hal ini bus lama bermesin diesel atau gas, menjadi bus listrik yang lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis dari sisi kebutuhan investasi, dan lebih rendah biaya operasionalnya,” ucap Arifin dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (15/12/2020).

Arifin mengatakan, Purwarupa pertama program retrofit ini akan mulai dikembangkan pada semester pertama 2021 dan akan dilanjutkan dengan proses retrofit armada DAMRI secara bertahap.

Baca juga: Susul PCX 160, Honda Kembangkan Vario 160

“DAMRI juga berencana untuk membuka program retrofit ini bagi operator transportasi darat lainnya, baik dari pihak swasta, pemerintah daerah, maupun instansi pemerintah yang berminat,” kata Arifin.

Dalam program retrofit ini, DAMRI bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya.

Beberapa partner swasta meliputi PT Spora Tehnika Indonesia (Spora EV), Danfoss, PT Optima Integra Tehnika, PT Widya Adidaya Nusantara, dan PT ZFAG Aftermarket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com