Siapkan Dana Rp 4 Miliar jika Ingin Punya Bus Double Decker

Kompas.com - 13/01/2021, 07:12 WIB
Double decker new armada instagram/newarmada.officialDouble decker new armada

JAKARTA, KOMPAS.comBus tingkat yang ada di Indonesia saat ini memang cukup banyak di jalanan. Bus dengan dua dek ini memang terlihat gagah, apalagi dengan tingginya menjulang mencapai sekitar empat meter.

Untuk memiliki bus tingkat ini, sasis yang digunakan pun tidak sembarangan, harus memiliki tenaga yang besar dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 25 ton. Hanya sasis tronton atau triple axle yang memenuhi syarat tersebut.

Untuk sasis Tronton sendiri, ada beberapa merek yang digunakan oleh bus tingkat di Indonesia, seperti Mercedes Benz, Scania, Volvo, dan MAN. Sedangkan sudah banyak juga karoseri di Indonesia yang bisa membuat sasis bus tingkat ini.

Baca juga: Ini Daftar Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Yogyakarta di Awal 2021

Bus AKAPblogspot Bus AKAP

Lalu berapa kisaran biaya untuk membuat bodi bus tingkat ini dari berbagai karoseri di Indonesia?

Sales Executive karoseri New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, untuk bodi bus tingkat, banderol untuk bodinya saja sekitar Rp 800 juta, belum termasuk kursi, AC, toilet, dan smoking room.

“Bodi bus tingkat Rp 800 jutaan sudah dapat ruang VVIP dan ruang sleeper yang termasuk pembuatan space frame,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Masih Ada Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Untuk AC sendiri, tergantung dari model dan merek yang digunakan. Kisaran harga mulai Rp 125 juta sampai Rp 240 jutaan.

Begitu juga untuk kursi, apalagi untuk bus tingkat, sering ada perbedaan kelas pelayanan antara dek bawah dan atas.

“Kalau kursi harganya juga beragam, ada yang Rp 1,5 juta sampai Rp 25 juta, tergantung modelnya,” kata Gerry.

Jika dijumlahkan dengan sasis tronton yang memiliki harga mulai dari Rp 1,9 miliar, satu unit bus tingkat bisa dibanderol Rp 2,7 miliar.

Belum lagi jika ditambah kursi, AC, serta opsi lainnya, tidak heran PO bus bisa mengeluarkan Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar untuk satu unit bus tingkat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X