Kabar Fortuner Hybrid Meluncur 2022, Diproduksi Toyota Indonesia?

Kompas.com - 13/01/2021, 08:02 WIB
Toyota memperkenalkan pembaruan Fortuner TRD Sportivo Kompas.com/Setyo AdiToyota memperkenalkan pembaruan Fortuner TRD Sportivo

JAKARTA, KOMPAS.com – Usia SUV Fortuner generasi kedua pada tahun ini baru menginjak 6 tahun. Namun, Toyota sudah terpantau merancang generasi terbaru, yang disebut-sebut akan melakukan debut pada 2022.

Menurut laporan Autocar India, model baru Fortuner diprediksi akan berubah total, baik dari platform hingga dapur pacunya.

Info pertama, sistem power steering Fortuner yang menggunakan hidrolik akan digantikan electronic power steering. Ubahan juga berlanjut ke sektor kelistrikan yang mengusung teknologi baru.

Baca juga: Dua Pajero Sport Edisi Terbatas Meluncur, Harga Mulai Rp 568 Juta

Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harianKompas.com / Setyo Adi Review Toyota New Fortuner VRZ TRD Sportivo untuk harian

Kemudian, dari sisi fitur Fortuner juga semakin lengkap dan canggih. Utamanya berkat fitur driving assist seperti Toyota Safety Sense. Sementara dari sisi konstruksi, Fortuner akan tetap mengusung sasis ladder frame.

“Kami tidak punya rencana untuk mengubahnya. Pelanggan yang menggunakan SUV off-road membutuhkan body-on-frame saat ini,” ujar Yoshiki Konishi, Chief Engineer Toyota Motor Corporation, kepada Autocar India.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Urusan dapur pacu, Fortuner generasi baru tampaknya akan memiliki beberapa pilihan mesin termasuk hybrid.

Baca juga: Toyota Mau Bikin Fortuner Bermesin Diesel Hybrid di Karawang?

Ilustrasi Mesin diesel 2.800 cc yang digunakan Toyota Land Cruiser Prado.bestcarweb.jp Ilustrasi Mesin diesel 2.800 cc yang digunakan Toyota Land Cruiser Prado.

“Saat ini, powertrain diesel bukan yang terbaik. Sulit untuk memenuhi regulasi. Jadi kami perlu beralih dari diesel ke sistem diesel-plus-hybrid, atau juga powertrain lainnya,” ucap Konishi.

Kabar kehadiran Fortuner Hybrid bisa saja punya korelasi dengan rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang akan meluncurkan mobil hybrid pada 2022.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam, mengatakan, dalam memproduksi mobil hybrid pihaknya lebih memilih menggunakan model yang sudah ada, ketimbang membuat mobil yang benar-benar baru.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

Ekspor Mobil ToyotaFoto: TMMIN Ekspor Mobil Toyota

Dengan menyiapkan model yang sudah dikenal masyarakat, diharapkan mobil ini bisa diterima dengan mudah oleh pasar domestik.

Hasilnya, rantai produksi bisa dijaga dan skala ekonomi juga didapat. Karena mobil hybrid produksi lokal ini juga disiapkan untuk pasar ekspor.

“Ada dua alternatif, membuat model yang baru sama sekali, atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada. Ya teman-teman sudah bisa baca lah, kira-kira itu model yang mana,” kata Bob, dalam konferensi virtual bersama rekan media (16/12/2020).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.