Mesin 1.000 cc Turbo Punya Magnite Bawa Keunggulan Nissan GT-R

Kompas.com - 12/01/2021, 17:01 WIB
Nissan Magnite sudah ditawarkan di diler Nissan. DIperkenalkan resmi Januari 2021 mendatang Kompas.comNissan Magnite sudah ditawarkan di diler Nissan. DIperkenalkan resmi Januari 2021 mendatang
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) resmi memasarkan Magnite di Tanah Air. SUV yang didatangkan secara utuh di India ini, jadi mobil pertama yang mengusung mesin turbo di kelasnya.

Bagus Susanto, Director of Representative PT NMDI, mengatakan, mesin turbo kepunyaan Magnite menawarkan keunggulan dari sisi performa dan efisiensi bahan bakar.

Mesin HRAO 3-silinder 1.000 cc Turbo pada transmisi manual dapat menghasilkan tenaga puncak hingga 100 PS atau setara 98 tk pada 5.000 rpm dan torsi maksimal 160 Nm yang dapat diraih sejak 2.800 rpm hingga 3.600 rpm.

Baca juga: Tanggapan PO Bus AKAP Soal PSBB Jawa-Bali

First Impression Nissan MagniteKOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Nissan Magnite

Sementara pada transmisi otomatis CVT, figur kapasitas dan tenaga yang dihasilkan masih sama dengan transmisi manual. Namun untuk torsi mencapai 152 Nm pada 2.200 rpm sampai 4.400 rpm.

“Jantung pacu HRAO 1.0 liter Turbo ini menggunakan teknologi “mirror bore cylinder coating” yang digunakan oleh mobil sport kelas dunia layaknya Nissan GT-R,” ujar Bagus, dalam konferensi virtual, Selasa (12/1/2021).

“Untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang efisien,” katanya.

Baca juga: Saingi Tesla, Produsen Asal China Luncurkan Mobil Listrik Nio ET7

Nissan MagniteKompas.com/Dio Nissan Magnite

Bagus juga mengklaim, teknologi ini juga menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik, serta emisi CO2 yang rendah sekitar 118,5 g/km.

Menariknya selain punya akselerasi yang responsif, mesin Magnite diklaim punya tingkat kebisingan dan getaran yang terbilang minim.

Akselerasi juga disebut 50 persen lebih baik dibandingkan dengan mesin non-turbo (naturally aspirated), terutama saat berakselerasi awal dan menyalip.

Baca juga: Jarak Tempuh Jakarta-Pelabuhan Patimban Hanya 2 Jam, Lebih Efisien Dibanding Tanjung Priuk

First Impression Nissan MagniteKOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Nissan Magnite

"All-new Nissan Magnite mewujudkan filosofi kami tentang Nissan-ness, yang memberdayakan masyarakat melalui produk dan terobosan teknologi,” ujar Evensius Go, Presiden Director PT NMDI, pada kesempatan yang sama.

“Pengembangan ini diharapkan dapat mewujudkan pengalaman berkendara yang mudah dan menyenangkan, lebih ramah lingkungan dan menawarkan jarak tempuh yang luar biasa,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X