Harga Brio Sudah Tembus Rp 200 Juta, Ini Alasan Honda

Kompas.com - 12/01/2021, 16:41 WIB
All new Honda Brio RS di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio RS di GIIAS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 2020, Honda Brio bisa dibilang sukses menggeser Toyota Avanza yang sering mendominasi penjualan terbanyak tiap bulannya. Artinya produk Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah sebetulnya bisa berbicara banyak melawan Low MPV.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan Brio pada sepanjang Januari-November 2020 meraih 36.512 unit.

Di bawah Brio, terdapat Suzuki Carry yang mendapat 33.407 unit dan Toyota Avanza sebanyak 31.883 unit.

Baca juga: Saingi Tesla, Produsen Asal China Luncurkan Mobil Listrik Nio ET7

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Namun pada awal tahun ini, harga Brio rupanya sudah mengalami kenaikan. Brio Satya 2021 kini dibanderol mulai Rp 158 juta (tipe MT) dan Rp 175,5 juta (tipe CVT).

Sementara Brio RS dihargai dari Rp 188,5 juta (tipe MT) dan Rp 204 juta (tipe CVT). Bisa dibilang ini kali pertama harga Brio menyentuh Rp 200 jutaan.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan harga mobil baru tiap tahunnya.

Baca juga: Tanggapan PO Bus AKAP Soal PSBB Jawa-Bali

alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobilEbay alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil

“Salah satu unsur kenaikan harga selain pajak, ada juga dari fitur atau kelengkapan mobil lainnya,” ujar Billy, kepada Kompas.com (12/1/2021).

Apalagi aturan dari Kementerian Perhubungan juga mewajibkan agen pemegang merek untuk melengkapi produk barunya dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Implementasi aturan yang rencananya mulai berjalan tahun ini, sudah dilakukan sejumlah merek otomotif, tak terkecuali Honda.

“Untuk mobil dengan VIN (Vehicle Identification Number) 2021 sudah dilengkapi APAR. Jadi kenaikan harga untuk sejumlah model rata-rata sekitar 1 persen,” ucap Billy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X