Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Honda All New CBR150R, Lebih Lengkap

Kompas.com - 12/01/2021, 16:18 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan generasi terbaru dari All New CBR150R. Motor sport full fairing di kelas 150 cc ini hadir dengan fitur yang lebih menarik dan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Dari tampilannya, CBR150R jadi semakin mirip dengan kakaknya, yakni CBR250RR. Desain lampu depan yang diusung juga tak jauh berbeda. Seluruh sistem penerangan motor ini sudah menggunakan LED.

Baca juga: All New Honda CBR150R Meluncur, Suspensi Depan Upside Down

"Lampu LED tidak hanya hemat energi dan tahan lama, tetapi juga menjadi simbol kelas premium CBR150R dan hadir sebagai "CBR generasi baru" dengan merefleksikan lampu CBR250RR dalam cover yang dirancang khusus," ujar Noriyuki Mori, CBR150R Styling Designer, Honda R&D Co., Ltd. Design Center, saat peluncuran, Selasa (12/1/2021).

All New Honda CBR150RFoto: AHM All New Honda CBR150R

Full digital panel meter tetap dipertahankan seperti pada generasi sebelumnya. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap untuk membantu pemiliknya mengetahui lebih baik kondisi motornya.

Perubahan paling signifikan jelas ada pada kaki-kakinya. All New CBR150R sudah mengandalkan inverted front suspension atau suspensi depan upside down.

Baca juga: Pakai Upside Down, Harga All New Honda CBR150R Cuma Naik Rp 600 Ribu

Kikuo Yamazaki, Sub Large Project Leader Honda R&D Co., Ltd, Manufacture Center, mengatakan, suspensi upside down dengan diameter 37 mm diadopsi di bagian depan untuk meningkatkan grade suspensinya.

"Sambil mempertahankan kegesitan model sebelumnya, kami telah mengoptimalkan rigiditas bagian top dan bottom bridge untuk mencapai feeling kontrol handling yang lebih terintegrasi, dan meningkatkan rasa keamanan dan kenyamanan saat berkendara," kata Yamazaki.

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Beralih ke performa, Honda juga mengikuti tren dengan menyematkan Assist and Slipper Clutch. Untuk fitur ini, Honda mengandalkan cam aluminium yang ringan.

"Fitur Assist adalah guna mengurangi beban pengoperasian clutch lever sekitar 15 persen dibandingkan dengan clutch konvensional. Sementara fitur Slipper Clutch, mengurangi guncangan yang disebabkan oleh pengereman engine yang mendadak saat penurunan gigi," ujar Yamazaki.

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Yamazaki menambahkan, pada bagian intake, bentuk penampang saluran dan penutup saluran telah diubah untuk meningkatkan efisiensi intake.

"Pada sisi muffler, struktur internal muffler telah diubah dari struktur tiga ruang konvensional menjadi struktur dua ruang yang tidak hanya meningkatkan efisiensi muffler tetapi juga menghasilkan suara yang lebih beresonansi," kata Yamazaki.

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

All New CBR150R dibanderol mulai dari Rp 35.900.000 (OTR Jakarta) hingga yang tertinggi Rp 40.800.000 (OTR Jakarta) untuk livery MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com