Ini Syarat Bayar Pajak Kendaraan Satu Tahunan di Gerai dan Samsat Keliling

Kompas.com - 12/01/2021, 12:02 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.  SAHMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di DKI Jakarta, masyarakat diimbau untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Tetapi, bagi yang harus melakukan aktivitas di luar rumah seperti melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) sebaiknya memanfaatkan fasilitas pembayaran yang tidak menimbulkan kerumunan.

Seperti halnya pembayaran pajak kendaraan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) keliling atau pun gerai Samsat yang sudah ada.

Baca juga: Jakarta PSBB Ketat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Satu Tahunan Tanpa Harus ke Samsat

Setidaknya ada lima lokasi Samsat keliling yang bisa dikunjungi wajib pajak saat akan melakukan pembayaran pajak kendaraan, khususnya satu tahunan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Humas Bapenda Jakarta (@humaspajakjakarta)

Setiap halaman parkir Samsat induk yang ada di wilayah DKI Jakarta. Sementara untuk gerai Samsat yang bisa dimanfaatkan sedikitnya ada 16 titik yang tersebar di berbagai lokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari di pusat perbelanjaan hingga di halaman kantor kecamatan di wilayah Jakarta.

Herlina Ayu, Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, mengatakan, untuk pelayanan pajak kendaraan selama PSBB masih tetap sama seperti sebelumnya, yakni tidak ada perubahan lokasi maupun jam pelayanan.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

“Untuk pelayanan di Samsat keliling atau pun di gerai Samsat belum ada perubahan jam pelayanannya, jadi masih sama seperti sebelumnya,” tutur Herlina kepada Kompas.com, Selasa (12/1/2021).

sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

Herlina menambahkan, untuk pajak di Samsat keliling atau pun di gerai hanya diperuntukkan bagi pemilik kendaraan yang tidak mempunyai tunggakan pajak lebih dari satu tahun.

“Kalau mempunyai tunggakan pajak lebih dari satu tahun harus mengurusnya ke Samsat induk, dan tidak bisa di Samsat keliling,” katanya.

Baca juga: Cara Menghindari Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.