Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Bima Enduro ECR-3000 Besutan Elbike Garage

Kompas.com - 12/01/2021, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Elbike Garage akan meramaikan segmen motor listrik di Indonesia. Elbike merupakan bentukan PT Elnusa Tbk melalui tim Inovasi AGNI.

Sejauh ini Elbike sudah menciptakan empat model, meski masih berstatus prototipe yaitu Bima Enduro ECR-3000, El-Classico ECR-1000, Electric Monkey ECR-500, dan Ebike ECR-350.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Elbikegarage (@elbikegarage)

CEO dan Founder Elbike Fachrul Mutaqien, mengatakan, meski sudah ada beberapa model tapi saat ini perusahaan fokus pada pengembangan Bima Enduro ECR-3000.

Baca juga: Bergaya Trail, Elnusa Siap Kenalkan Motor Listrik Elbike

"Dari awal kita memang bangun ECR-3000 karena di Indonesia belum ada produsen sepeda motor listrik yang membuat modelnya trail," kata Fachrul kepada Kompas.com, Senin (12/1/2021).

Sebagai motor dual purpose, Bima Enduro dibekali suspensi depan model upside down. Setang lebar serta kaki-kaki pakai pelek 17 inci depan belakang dibalut ban tapak kasar.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Instagram Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

Kemampuan off-road turut didukung pengereman disc brake depan-belakang. Fiturnya mengusung dua buah lampu depan LED yang disusun bertingkat.

Baca juga: Selain Skuter, NIU Juga Punya Motor Listrik Model Sport

Bima Enduro memakai baterai lithium 72 Volt 40 Ah. Posisi baterainya berada di area tangki sehingga seperti motor bensin. Pengecasan dari nol butuh waktu 3-5 jam.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

Motor listriknya memakai penggerak berkapasitas 72 Volt 3.000 Watt. Motor diklaim bisa dipacu sampai kecepatan 100 kpj dan menempuh jarak 90-100 km.

"Power rate-nya sekitar 60 Nm. Kalau dihitung setara dengan motor bensin 190cc - 230 cc, karena ada beberapa tambahan seperti reduction gear yang meningkatkan torsi," kata Fachrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com