Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JEREZ, KOMPAS.com - Selain sering berselisih dengan manager tim Gigi Dall'Igna, Andrea Dovizioso mengatakan dia pindah karena  tarik ulur kontrak oleh Ducati.

Dovi menyebut Ducati kurang transparan dalam menentukan kontrak. Bertolak belakang dengan rumors selama ini yang menyebut Dovi meminta gaji terlalu tinggi.

"Prosedurnya tidak transparan, berbeda dengan Petrucci, yang diberitahu sebelum musim dimulai bahwa tidak ada lagi ruang untuknya di tim musim depan," kata Dovi mengutip Speedweek.com, Minggu (10/1/2021)

Baca juga: Penyebab Dovi Cabut dari Ducati, Ribut dengan Orang Ini

Dalam wawancara dengan harian olahraga La Gazzetta dello Sport, Dovi mengaku digantung oleh Ducati sebab kontraknya tidak diperpanjang tanpa kepastian.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Catalunya@andreadovizioso Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Catalunya

“Kurangnya transparansi, dan itu bukanlah perilaku setia. Saya akan mempertimbangkan kemungkinan dengan KTM dengan cara yang berbeda," katanya.

Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti, disebut ingin Ducati menunggu sampai lima seri baru kemudian melanjutkan kontrak Dovi.

Sampai akhirnya manajer Dovi yaitu Simone Battistella memberi tahu Ciabatti, sebelum seri keempat di GP Austria bahwa kliennya sudah tidak tertarik lagi.

Dovi menyebut semua bermula pada 2019. Dalam sebuah pertemuan sebelum GP Ceko, dia berselisih paham dengan Dall'Igna.

Dall'Igna kemudian menganggap bahwa kedua belah pihak tidak ingin lagi bekerja sama. Padahal kata Dovi bukan seperti itu.

General Manager Ducati Corse Luigi Dalligna.Crash.net General Manager Ducati Corse Luigi Dalligna.

"Tapi kemudian Gigi menyatakan memiliki pemahaman dalam pertemuan terkenal di pertengahan 2019, antara Sachsenring dan GP Austria, bahwa semuanya sudah berakhir," kata Dovi.

"Tidak. Itu seharusnya pertemuan teknis. Ada berbagai ide, friksi, dan kami ingin bertemu dengan semua teknisi. Jadi itu dimulai seperti pertemuan teknis, tetapi berakhir dengan semacam pertengkaran di antara kami berdua," katanya.

Baca juga: Kenangan Rossi Duel dengan Dovi dan Crutchlow

"Saya tidak yakin bagaimana menjelaskannya, tapi Gigi merasa diserang. Dari sudut pandang saya, itulah saat dia menutup pintu. Tapi dia melakukannya dengan diam," katanya.

"Dan apa yang dia katakan sekarang menegaskan hal itu. Namun, pada tahun 2020, motivasi saya dibahas. Sekarang kita tahu bahwa itu tidak benar," kata Dovi.

Duet pebalap Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci saat menghadiri peluncuran motor balap baru tim Ducati MotoGP untuk musim 2019, di Philip Morris R&D Cube, Neuchatel, Swiss pada Jumat (18/1/2019) petang atau Sabtu (19/1/2019) pukul 24.00 WIB.Screenshot Twitter @DucatiMotor Duet pebalap Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci saat menghadiri peluncuran motor balap baru tim Ducati MotoGP untuk musim 2019, di Philip Morris R&D Cube, Neuchatel, Swiss pada Jumat (18/1/2019) petang atau Sabtu (19/1/2019) pukul 24.00 WIB.

Bukan gaji

Runner up tiga kali tersebut juga membantah bahwa Ducati berusaha negosiasi. Tidak pernah ada tawaran khusus dari Ducati.

“Tapi dikatakan bahwa Dovizioso meminta ini tapi Ducati hanya bisa memberikan itu. Ini semua tidak masuk akal. Kami tidak pernah bernegosiasi, dan yang terpenting tidak pernah ada tawaran," katanya.

"Itulah mengapa saya tidak pernah menolak tawaran (gaji) rendah. (Hal) itu adalah konfirmasi bahwa itu sudah berakhir dari Gigi sejak 2019," kata Dovi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com