Ban Sudah Botak dan Kantung Cekak, Ganti Ban Depan atau Belakang?

Kompas.com - 10/01/2021, 16:41 WIB
Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet. Dok. Hendri FebryBan depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau punya uang tak masalah mengganti ban sepeda motor depan belakang bersamaan. Apalagi jika komponen karet bundar tersebut sudah aus minta ganti.

Lantas bagaimana kalau ternyata kantung sedang cekak tapi ban sudah aus, mana yang sebaiknya mesti didahulukan?

Zulpata Zainal, Proving Ground On Vehicle Test (PG-OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, jika memang terpaksa maka ganti ban belakang terlebih dulu ketimbang ban depan.

Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

“Kalau dana terbatas, lebih baik ganti ban belakang dulu, baru ganti yang depan. Tapi kalau dananya ada, segera ganti dua-duanya saat keausan sudah mencapai TWI (tread wear indicator),” ujar Zulpata, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Alasannya kata Zulpata karena ban belakang menanggung beban yang lebih berat. Itu mengapa ban belakang lebih cepat aus ketimbang ban depan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kerja ban belakang lebih berat, karena berfungsi sebagai penopang bobot motor dan pengendara, sekaligus sebagai penerus daya dari mesin ke roda,” katanya.

Ban Motor bagian depanIstimewa Ban Motor bagian depan

Hal senada diungkapkan Dodiyanto , Senior Brand Executive dan Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC.

Dodi panggilannya mengatakan, kedua ban sebenarnya sama-sama penting namun jika tidak bisa ganti dalam waktu yang sama bisa ban belakang terlebih dahulu.

Ban belakang memang lebih cepat habis, karena hampir 60 persen beban ditopang oleh ban belakang,” ucap Dodi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.