Mengenal Sejarah Toyota Kijang di Indonesia, dari Buaya Hingga Innova

Kompas.com - 10/01/2021, 15:41 WIB
Penggalan scene iklan Toyota Kijang 1986. captured via YoutubePenggalan scene iklan Toyota Kijang 1986.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahir sejak tahun 70-an, Toyota Kijang merupakan salah satu kendaraan roda empat yang sangat digemari oleh para keluarga Indonesia.

Hal ini lantaran Toyota Kijang memiliki desain yang luas, serta memiliki kemudahan dalam pengaturan ruang sesuai kebutuhan.

Awal mula kisah Toyota Kijang sendiri tidak dapat dipisahkan dari dorongan pemerintah untuk mengembangkan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) pada era 70-an. KBNS merupakan kendaraan serbaguna dengan harga yang bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Sejarah Rem ABS, Berangkat dari Pesawat Jadi Standar Mobil Baru

Kemunculan nama binatang pada kendaraan niaga ini dipicu oleh Filipina yang lebih dahulu menggunakan nama “Tamaraw” yang berarti kerbau. Kemudian, Indonesia memilih nama “Kijang” untuk menggambarkan kelincahan.

Namun tidak sedikit juga yang mengartikan bahwa Kijang merupakan sebuah singkatan yang artinya Kerjasama Indonesia-Jepang.

Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1977, Toyota Kijang sudah bertransformasi dari kendaraan niaga menjadi kendaraan MPV. Selama 40 tahun, setidaknya produk ini sudah memiliki 6 generasi yang berbeda.

1. Toyota Kijang Buaya (1977-1981)

Generasi pertama Toyota Kijang Buaya.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi pertama Toyota Kijang Buaya.

Toyota Kijang Buaya diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta 1977. Mobil ini menjadi pesaing dari Mitsubishi Colt yang menjadi kendaraan yang mendominasi pasar mobil minibus di Indonesia pada saat itu.

Model ini sering dijuluki "Kijang Buaya" karena model buka-tutup kap mesin depan pada hidung mobil (bonnet) yang mirip dengan mulut buaya apabila kap mesin depan sedang dibuka.

Pada awal peluncurannya, total produksi Toyota Kijang hanya berjumlah 1.168 unit. Kemudian, perlahan-lahan, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit pada tahun 1978. Jumlah produksi Toyota Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X