Jok Bahan Fabric Jadi Sarang Debu, Begini Cara Membersihkannya

Kompas.com - 05/01/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi material jok berbahan Fabric stanlyIlustrasi material jok berbahan Fabric

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa produsen mobil sampai saat ini masih banyak yang mengandalkan material fabric (kain) sebagai bahan pembungkus jok. Secara estetika memang tak ada masalah, namun dari sisi perawatan jauh lebih rumit dibandingkan bahan sintesin atau kulit.

Owner Vertue Concept Edy mengatakan, material fabric memiliki sifat negatif bila terlalu lama digunakan, yakni menjadi sarang debu dalam kabin.

Fabric itu sifatnya menyerap, jadi kalau kabin mobil kotor atau jorok perawatannya maka debu bisa mudah singgah, bahkan bisa numpuk sampai ke busa,” ujar Edy saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tiga Potensi Bahaya yang Ada di Jalan Raya bagi Pengendara Motor

Untuk mengetahui apakah jok mobil yang dibungkus fabric penuh dengan debu, menurut Edy cukup dengan memukul jok tersebut. Bisa dipastikan akan ada debu yang keluar menguap.

Karena itu, Edy menyarankan bagi pengguna bahan fabric bukan hanya fokus membersihkan jok dengan vacuum cleaner saja, tapi juga menjaga kebersihan kabin. Sebab, dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan.

Ilustrasi material jok berbahan Fabricstanly Ilustrasi material jok berbahan Fabric

“Pukul-pukul seperti saat jemur kasur, bila kotor debunya itu langsung keluar. Tapi pastikan di ruang terbuka, jangan saat kabin tertutup, apalagi pendingin udara menyala,” kata Edy.

Business Development Manager Laderlux Yussanto menambahkan, untuk pelapis jok berbahan dasar kain ada cara membersihkannya paling mudah. Cukup siapkan sabun bayi, atau sabun yang memiliki PH yang seimbang dengan sikat berbulu halus.

“Sebelum membersihkan jok mobil, sebaiknya parkir mobil di tempat yang terik matahari dan buka semua pintu dan bagasi, agar tidak menimbulkan bau apek pada kabin, mengingat bahan fabric memerlukan waktu beberapa menit untuk kering,” ujar Yussanto.

Baca juga: Bikin Mobil Kembali Nyaman Usai Dipakai Liburan

“Lakukan penyedotan terlebih dahulu dengan vacuum cleaner. Kemudian, masukan sikat ke dalam air yang telah diberi sabun bayi. Lalu gosok dengan sikat gigi secara berputar agar kotoran yang terselip di pori pori bisa terangkat, setelah itu lap dengan menggunakan lap chamois. Jika dirasa kurang bersih, ulangi sekali lagi,” lanjutnya.

Mengingat material fabric memiliki sifat negatif bila terlalu lama digunakan dan menjadi sarang debu dalam kabin. Sebaiknya, pemilik mobil selalu menjaga kebersihan kabin. Sebab, jika debu bertumpuk akan sangat buruk bagi kesehatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X