Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Mobil Kembali Nyaman Usai Dipakai Liburan

Kompas.com - 04/01/2021, 20:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai libur tahun baru, ada baiknya kendaraan tidak langsung digeber untuk melakukan aktifitas.

Beberapa komponen wajib kembali mendapatkan perhatian, terutama masalah cairan dan beberapa perangkat yang sifatnya fast moving.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, setelah menggunakan mobil berjalan jauh ada kemungkinan beberapa komponen mengalami keausan.

Baca juga: Faktor Penyebab Pelek Peang Saat Melibas Lubang di Jalan Tol

“Liburan memang tidak seramai saat mudik, tapi ketika mobil digunakan jalan jauh situasinya tetap beda dengan penggunaan sehari-hari. Mulai dari jarak tempuh, medan, bobot angkut kendaraan, dan intesitas lalu lintas,” ucap Anjar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/12/2021).

Ilustrasi suspensi mobillowvolumevehicle.co.nz Ilustrasi suspensi mobil

Menurut Anjar, akibat adanya perbedaan situasi tersebut juga bisa berimbas pada komponen kendaraan, terutama bagi mobil yang sebelumnya melakukan perjalanan namun tidak melakukan perawatan.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi kaki-kaki, mulai dari ban, suspensi, sampai sistem pengereman.

Baca juga: Syarat dan Biaya Mengurus SIM yang Hilang

Setelah itu, Anjar menyarankan, pemilik kendaraan juga wajib melakukan pengecekan cairan di kendaraan. Cairan yang dimaksud meliputi oli mesin, minyak rem, water coolant, bahkan sampai oli transmisi.

“Fungsi melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi mobil tetap prima saat digunakan kembali. Paling sering dilupakan itu minyak rem serta kampas, selain itu sudut roda, karena kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi ban dan mengabaikan perubahan pada sudut roda,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com