PSBB Diperpanjang, Tilang Elektronik Tetap Berlaku Kecuali Pelanggaran Ganjil Genap

Kompas.com - 05/01/2021, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi terhitung mulai 4 Januari 2021 hingga 17 Januari 2021.

Bersamaan dengan hal itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil-genap di berbagai ruas Ibu Kota.

Kendati demikian, penindakan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tetap berlaku agar memastikan tak ada warga yang melanggar lalu lintas seperti tidak mengenakan helm atau sabuk pengaman saat berkendara.

Baca juga: Video Viral Razia Knalpot Bising, Langsung Dirusak di Tempat

Ilustrasi kamera tilang elektronikhttps://ntmcpolri.info/ Ilustrasi kamera tilang elektronik

"Ganjil genap memang belum berlaku tapi ETLE tetap. Jadi hanya di kecualikan saja (penindakan ganjil genap)," ujar Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Sambodo juga menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan penegakan hukum terhadap 15 jenis pelanggaran lewat tilang konvensional ataupun elektronik.

Secara garis besar, pelanggaran itu mulai dari tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melewati marka jalan, tidak mematuhi rambu, sampai tidak menggunakan helm bagi pengendara motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.