PSBB Diperpanjang, Tilang Elektronik Tetap Berlaku Kecuali Pelanggaran Ganjil Genap

Kompas.com - 05/01/2021, 09:12 WIB
Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAKamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi terhitung mulai 4 Januari 2021 hingga 17 Januari 2021.

Bersamaan dengan hal itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil-genap di berbagai ruas Ibu Kota.

Kendati demikian, penindakan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tetap berlaku agar memastikan tak ada warga yang melanggar lalu lintas seperti tidak mengenakan helm atau sabuk pengaman saat berkendara.

Baca juga: Video Viral Razia Knalpot Bising, Langsung Dirusak di Tempat

Ilustrasi kamera tilang elektronikhttps://ntmcpolri.info/ Ilustrasi kamera tilang elektronik

"Ganjil genap memang belum berlaku tapi ETLE tetap. Jadi hanya di kecualikan saja (penindakan ganjil genap)," ujar Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Sambodo juga menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan penegakan hukum terhadap 15 jenis pelanggaran lewat tilang konvensional ataupun elektronik.

Secara garis besar, pelanggaran itu mulai dari tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melewati marka jalan, tidak mematuhi rambu, sampai tidak menggunakan helm bagi pengendara motor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X