Tiga Potensi Bahaya yang Ada di Jalan Raya bagi Pengendara Motor

Kompas.com - 04/01/2021, 20:51 WIB
satu motor merek Yamaha Lexi bernomor pelat B 3053 ENG terlihat ringsek di bagian depan karena kecelakaan di Jalan Pangeran Antasari tepatnya di depan Pom Bensin Shell di perempatan Jalan Abdul Majid, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (24/12/2020) sekitar pukul 00.30 WIB. Dok. Istimewasatu motor merek Yamaha Lexi bernomor pelat B 3053 ENG terlihat ringsek di bagian depan karena kecelakaan di Jalan Pangeran Antasari tepatnya di depan Pom Bensin Shell di perempatan Jalan Abdul Majid, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (24/12/2020) sekitar pukul 00.30 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.comJalan raya merupakan tempat yang berbahaya. Hal ini dikarenakan jalan raya sebagai fasilitas umum yang digunakan oleh berbagai karakter masyarakat, ada yang santun dan tidak sedikit juga yang ugal-ugalan.

Salah satu yang sering terlibat kecelakaan di jalan raya adalah pengendara motor. Bahaya bisa datang dari mana saja jika sudah berada di jalan raya. Pengendara motor tentunya harus berhati-hati saat berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, potensi bahaya yang ada di jalan raya terbagi menjadi tiga faktor yaitu, potensi bahaya dari diri sendiri, kendaraan dan lingkungan.

Baca juga: Simak, Ini Ketentuan Bikin dan Perpanjangan SIM Gratis

Kecelakaan terjadi antara pedagang minuman dan mobil di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (23/12/2020) siang.Dok. Istimewa Kecelakaan terjadi antara pedagang minuman dan mobil di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (23/12/2020) siang.

“Biasanya jika dari diri sendiri itu seperti pengendara yang mengantuk, kurang konsentrasi dan kurangnya keterampilan dalam berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan potensi bahaya dari kendaraan seperti perawatan motor yang tidak teratur dan modifikasi yang tidak tepat. Untuk faktor karena lingkungan, misalnya seperti kondisi jalan yang rusak, kemacetan dan cuaca.

“Agar perjalanan aman, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan konsentrasi dalam mengoperasikan kendaraan. Karena kecelakaan bisa datang dari kelalaian pengendara itu sendiri,” kata Agus.

Baca juga: Cek Harga Mobil Murah Januari 2021, Brio dan Calya Mulai Rp 140 Jutaan

Tidak sedikit kecelakaan motor yang disebabkan kurangnya mengantisipasi potensi bahaya yang ada di jalan raya. Misalnya seperi mengendarai motor sambil bermain HP, saat tiba-tiba di depannya ada kendaraan, kemungkinan dia akan terjatuh atau menabrak.

“Saat berkendara juga selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman untuk mengurangi cedera fatal saat terlibat kecelakaan di jalan raya,” ucapnya.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintasGAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Saran terakhir agar selalu aman yaitu menaati peraturan lalu lintas untuk menghindari potensi bahaya yang ada di jalan raya. Misalnya tidak melawan arus dan berhenti di tempat-tempat yang dilarang.

Potensi bahaya di jalan raya itu banyak. Paling penting pengendara harus bisa memprediksi setiap situasu yang kira-kira berbahaya di jalan raya,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X