Jangan Asal, Begini Tutorial Jumper Aki Mobil yang Benar

Kompas.com - 19/12/2020, 14:03 WIB
Tutorial jumper aki mobil MMKSITutorial jumper aki mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat pandemi Covid-19, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hingga adanya aturan yang sedikit membuat orang ribet saat akan melakukan mobilitas, memang berimbas pada terbatasnya aktivitas masyarakat.

Ujung dari itu semua, membuat mobil akhirnya berdiam diri terlalu lama di dalam garasi yang tanpa disadari berpotensi membuat banyak kerusakan. Salah satu yang umum terjadi adalah aki mobil yang soak alias tekor, lantaran tak mendapat suplai listrik.

Head od Aftersales & CS Operation Group PT MMKSI Bodiearto mengatakan, usia pakai aki mobil memang kerap tak bisa diprediksi, biasanya pemilik kendaraan akan menyadari ketika mobil tak dapat distarter kare aki melemah.

Namun demikian, sebenarnya ketika aki mobil sudah menunjukkan tanda-tada melemah, ada beberapa hal yang bisa terjadi atau menjadi indikasi. Tapi kebanyakan memang diabaikan karena dianggap masih bisa menyala.

Baca juga: Selama Liburan, Random Rapid Test Antigen Bergulir di 70 Rest Area

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

"Perawatan aki merupakan hal yang terbilang mudah namun sering luput dilakukan. Untuk merawat kondisi aki, selain pemeriksaan air aki, pengguna juga perlu menghidupkan kendaraan secara rutin minimal 5 menit setiap harinya," ucap Boediarto, dalam keterangan resminya, Jumat (18/12/2020).

"Namun ketika aki mobil sudah soak atau tak lagi mampu menghidupkan mesin dan kelistrikan, maka solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan jumper aki. Atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah," kata dia.

Jumper menjadi solusi palin cepat, setidaknya ketika dalam kondisi darurat membuat mobil masih bisa digunakan untuk menuju bengkel terdekat. Tapi dalam proses pelaksanaannya, tidak banyak masyarakat yang paham atau mengerti cara menjumper aki mobil yang tepat dan aman.

Nah, karena itu Boediarto memberikan beberapa tips untuk melakukan jumper pada aki mobil yang bermasalah. Hal ini patut diperhatikan agar tak membuat masalah yang justru bisa memperparah keadaan aki.

Baca juga: Mau Liburan, Kenali Ragam Risiko Paparan Covid-19 Saat Bermobilitas

Berikut langkahnya ;

1. Kabel khusus

Tutorial jumper aki mobilMMKSI Tutorial jumper aki mobil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X