Jangan Abaikan Perawatan Mobil Saat Libur Tahun Baru

Kompas.com - 30/12/2020, 16:21 WIB
Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p ARIF FIRMANSYAHKendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan libur Natal dan Tahun Baru penggunaan transportasi darat akan semakin meningkat. Banyak masyarakat yang memutuskan untuk sekedar berlibur keluar kota bersama keluarga atau mudik ke kampung halaman.

Penting bagi para pemilik mobil yang berencana untuk mudik atau sekedar liburan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan.

Baca juga: Strategi Baru Hyundai Indonesia, Gelar Pameran Digital

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mengingat masa sibuknya diler akan lebih baik jika pemeriksaan dilakukan sebelum kendaraan dipakai untuk liburan.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan, adalah memeriksa beberapa bagian pada kendaraan, seperti oli mesin, transmisi, cairan pendingin, dan sistem pengereman,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Bagi pemilik kendaraan yang hendak melakukan perawatan besar (enam bulan sekali), lanjut Suparna, bisa melakukan perawatan sebelum jatuh tempo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Artinya, jika jatuh temponya tanggal 31 Januari 2021, pemilik bisa lakukan perawatan di waktu sebelum-sebelumnya. Tidak harus tepat, asalkan jangan terlewat,” katanya.

Suparna melanjutkan, bagian lain yang harus diperhatikan sebelum membawa mobil untuk liburan adalah kaki-kaki serta ban.

Baca juga: Mengenal Toyo Motors, Merek Motor Milik Toyota

“Bila tekanan udaranya kurang, jangan tunda untuk disesuaikan kembali. Termasuk jika permukaan ban sudah aus, baiknya segera diganti,” katanya.

Selain itu, jangan lupakan kondisi ban serep. Melakukan perjalanan jauh butuh persiapan untuk kondisi darurat. Menyangkut ban bocor, kesiapan serep jadi hal yang mutlak.

“Lalu komponen lainnya mungkin wiper karena musim hujan, cairan radiator, sampai spooring and balancing,” kata Suparna.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.