Kompas.com - 30/12/2020, 14:56 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan perpanjangan dan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan ditutup sementara pada Jumat, 1 Januari 2021.

Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Agung Permana mengatakan, pemilik SIM yang masa berlakunya habis tepat di periode terkait akan mendapatkan dispensasi hingga 2 Januari 2021.

Maka, diimbau untuk pemilik SIM melaksanakan perpanjangan sehari setelahnya agar tidak harus mengikuti prosedur seperti penerbitan SIM baru kembali.

Baca juga: Harga MPV Murah Bekas Akhir Tahun, Xpander Rp 170 Jutaan, Grand Livina Rp 100 Jutaan

Antrean perpanjang SIMStanly Antrean perpanjang SIM

"Pelayanan SIM sampai akhir tahun ini tetap berjalan seperti biasanya. Tapi khusus di 1 Januari 2021, akan tutup sementara dan pemilik SIM mendapatkan dispensasi," kata Agung kepada Kompas.com belum lama ini.

Agung menambahkan, dispensasi yang akan diberikan kepada pemilik SIM hanya satu hari saja, yakni sewaktu hari tutup pelayanannya. Jadi, kalau pemilik tidak segera mengurus perpanjangan SIM terkait bakal hangus.

“Jadi warga tetap bisa melakukan perpanjangan pada tanggal 2, untuk prosesnya tetap seperti perpanjangan dan bukan membuat baru,” tuturnya.

Baca juga: Akses Masuk Jakarta Saat Malam Pergantian Tahun 2021 Ditutup Polisi

Proses pengerjaan SIM kelilingStanly Proses pengerjaan SIM keliling

Meski mendapatkan dispensasi saat pelayanan libur, tetapi Agung menyarankan, agar pemilik SIM melakukan perpanjangan jauh-jauh hari.

Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terlambat saat melakukan perpanjangan sehingga bisa menyebabkan SIM hangus dan tidak bisa diperpanjang lagi.

“Sebaiknya untuk melakukan perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya habis, yang penting jangan sampai lewat dari masa berlakunya,” ucap Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.