Mengenal Toyo Motors, Merek Motor Milik Toyota

Kompas.com - 30/12/2020, 13:41 WIB
Toyo Motors Foto: Youtube Mari YoshitaniToyo Motors
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikenal sebagai raksasa produsen mobil asal Jepang. Jaringannya menjangkau seluruh dunia dan produknya laris manis di Indonesia.

Meski demikian ada satu hal yang jarang dibicarakan yaitu Toyota sebetulnya pernah menjual sepeda motor. Kejadiannya berlangsung sudah lama yaitu dari tahun 1949-1960.

Baca juga: Dipecat Yamaha, Jorge Lorenzo Mau Masuk Dunia Televisi

Diberitakan Rideapart, motor tersebut bermerek Toyo Motors dan tidak ada hubungannya dengan Toyo Tires. Posisi Toyo Motors merupakan anak perusahaan Toyota.

Toyo Motors didirikan oleh Kazuo Kawamata, di kota Kariya dekat prefektur Aichi, Jepang, 1949. Sang pendiri merupakan orang yang sangat tertarik dengan mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketertarikan Kawamata dengan mesin itu membuatnya dekat dengan Kiichiro Toyoda, pendiri Toyota. Pada 1942, Kawamata bekerja paruh waktu di Toyota Motor Research Laboratory.

Saat bekerja di Toyota, Kawamata kemudian menyibukkan diri dan mengembangkan mesin motor awal untuk digunakan di sepeda.

Mesin awal itu kemudian dikembangkan lebih lanjut. Kawamata mencari dana agar proyek ini bisa dilakukan independen dan memproduksi mesin motor yang lebih baik.

Tidak lama kemudian, Kawamata mendirikan Toyo Motors pada 1949, yang diposisikan sebagai anak perusahaan Toyota.

Baca juga: KTM Pede Targetkan Juara Dunia MotoGP 2021

Di awal berdirinya, Toyo Motors cukup sukses. Pada 1952 produksi tahunan lebih dari 10.000 unit yang tentunya bukan prestasi kecil sebab Jepang masih terimbas Perang Dunia II.

Namun torehan manis itu tidak berlangsung lama. Tidak dijelaskan rinci mengapa Toyo Motors akhirnya gulung tikar pada 1960. Tapi diduga karena keputusan bisnis yang buruk.

Toyo Motors kesulitan dalam pengembangan produk. Kegiatan manufaktur juga terhambat. Banyak suku cadang rusak mulai menumpuk di dalam pabrik.

Untuk diketahui, dua tahun sebelum Toyo Motors gulung tikar, Honda meluncurkan Super Cub pada 1958 yang menjadi tonggak sejarah. Hal ini juga disinyalir membuat posisi Toyo terjepit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber rideapart
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.