Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abaikan Perawatan Mobil Saat Libur Tahun Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan libur Natal dan Tahun Baru penggunaan transportasi darat akan semakin meningkat. Banyak masyarakat yang memutuskan untuk sekedar berlibur keluar kota bersama keluarga atau mudik ke kampung halaman.

Penting bagi para pemilik mobil yang berencana untuk mudik atau sekedar liburan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mengingat masa sibuknya diler akan lebih baik jika pemeriksaan dilakukan sebelum kendaraan dipakai untuk liburan.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan, adalah memeriksa beberapa bagian pada kendaraan, seperti oli mesin, transmisi, cairan pendingin, dan sistem pengereman,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Bagi pemilik kendaraan yang hendak melakukan perawatan besar (enam bulan sekali), lanjut Suparna, bisa melakukan perawatan sebelum jatuh tempo.

“Artinya, jika jatuh temponya tanggal 31 Januari 2021, pemilik bisa lakukan perawatan di waktu sebelum-sebelumnya. Tidak harus tepat, asalkan jangan terlewat,” katanya.

Suparna melanjutkan, bagian lain yang harus diperhatikan sebelum membawa mobil untuk liburan adalah kaki-kaki serta ban.

“Bila tekanan udaranya kurang, jangan tunda untuk disesuaikan kembali. Termasuk jika permukaan ban sudah aus, baiknya segera diganti,” katanya.

Selain itu, jangan lupakan kondisi ban serep. Melakukan perjalanan jauh butuh persiapan untuk kondisi darurat. Menyangkut ban bocor, kesiapan serep jadi hal yang mutlak.

“Lalu komponen lainnya mungkin wiper karena musim hujan, cairan radiator, sampai spooring and balancing,” kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/30/162100815/jangan-abaikan-perawatan-mobil-saat-libur-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke